Ragam

Gairahkan Film Daerah, Jabar Akan Gelar Festival Film Pendek

| dilihat 2255
 
BANDUNG, AKARPADINEWS.Com  - Dalam rangka menggairahkan produksi film dan potensi film daerah, Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemrov Jabar) akan memfasilitasi penyelenggaraan Festival Film Pendek 2014.
 
"Ya tahun ini Festival Film Pendek bisa digelar pertama kalinya di Jabar, kita akomodasi seluruh kabupaten atau kota dan komunitas yang ada di Jabar," kata Wakil Gubernur Jabar H Deddy Mizwar di Bandung, Rabu, dilansir Antara.
 
Pejabat yang juga berasal dari orang film dan bintang iklan itu menyebutkan setiap kabupaten kota di Jabar didorong untuk memproduksi film pendek yang mengangkat potensi dan kekayaan daerah masing-masing.
 
Festival film itu, menurut dia, akan digelar secara bertingkat, yakni di regional Cirebon, Priangan dan regional Jabar bagian barat."Pemenang film pendek di daerah itu kemudian akan dilombakan pada final di tingkat Jabar," kata Deddy. 
 
Pemeran Naga Bonar ini mencontohkan, film pendek di kawasan Cirebon yang telah digarap adalah terkait topeng, kemudian kawasan wisata. Hal sama juga dilakukan di daerah lainya, tentunya dengan mengangkat budaya regional masing-masing. Dalam pelaksanaannya itu, pemprov akan mengakomodasi semua komunitas perfilman yang ada di Jawa Barat sehingga ada pengayaan yang maksimal. 
 
 
Lebih lanjut Deddy memaparkan, hasil dari festival film pendek  ini tak sebatas mencetaj pemenang, namun juga bisa diimplementasikan untuk menggairahkan film pendek dan mengangkat potensi daerah. "Bukan pemenangnya yang penting, namun bagaimana makna yang terkandung dalam film itu bisa menjadi inspirasi untuk penggalian potensi daerah itu," katanya. 
 
Deddy menyebutkan, komunitas film pendek itu tersebar dan pada hakekatnya warga Jabar saat ini sudah terbiasa dengan aktivitas produksi film pendek. Mulai dari yang terbiasa membuat film dari ponsel berkamera, yang direkam dan mengunggahnya di jejaring sosial seperti You Tube.
 
Selain menggelar festival, sebagai bukti keseriusan Pemprov Jabar terhadap perkembangan seni perfilman daerah yang kian pesat, menurut Deddy Mizwar, Pemprov Jabar bekerjasama dengan Institut Kesenian Jakarta (IKJ) mengadakan workshop dan pelatihan bagi 75 anggota komunitas film daerah di Bogor beberapa waktu lalu untuk meningkatkan mutu dan kualitas karya sineas muda.
 
“Kepada mereka kami berikan dana bantuan masing-masing sebesar Rp 50 juta untuk pembuatan film etnografi berupa film tentang kujang, topeng dan lainnya yang berkenaan dengan Jawa Barat,” ujar Deddy Mizwar, pada sambutannya ketika pengumunan nominasi  Festival Film Bandung, kemarin, dikutip dari Pikiran Rakyat.
 
 
Editor : Nur Baety Rofiq
 
Ekonomi & Bisnis
12 Mar 24, 10:56 WIB | Dilihat : 276
Nilai Bitcoin Capai Rekor Tertinggi
02 Mar 24, 07:41 WIB | Dilihat : 138
Elnusa Bukukan Laba 2023 Sebesar Rp503 Miliar
Selanjutnya
Polhukam
05 Mar 24, 04:23 WIB | Dilihat : 244
Tak Perlu Risau dengan Penggunaan Hak Angket DPR
05 Mar 24, 08:18 WIB | Dilihat : 422
Anak Anak Abah Menghalau AI Generatif
22 Feb 24, 11:50 WIB | Dilihat : 317
Jalan Terjal Perubahan
18 Feb 24, 05:52 WIB | Dilihat : 272
Melayari Dinamika Kebangsaan dan Demokrasi
Selanjutnya