VAKSINASI MASSAL

Dokter dan Politisi Korea Selatan Serukan Hentikan Vaksinasi

| dilihat 2240

Para dokter dan politisi Korea Selatan menyerukan kepada pemerintahnya untuk menghentikan kampanye yang bertujuan memvaksinasi sekitar 30 juta orang terhadap influenza.

Seruan itu mereka sampaikan menyusul bertambahnya jumlah korban tewas akibat vaksinasi menjadi 32 orang di tengah penolakan vaksinasi flu terkait dengan kematian remaja.

Kendati demikian, otopsi anak berusia 17 tahun yang dilakukan oleh National Forensic Service menemukan kematian tidak berhubungan dengan vaksin, seperti diberitakan kantor berita Yonhap dari Seoul, sebagaimana dikutip South China Morning Post (SCMP), Jum'at, 23 Oktober 2020.

Diberitakan, badan forensik Korea Selatan mengatakan tidak menemukan hubungan antara kematian seorang anak laki-laki berusia 17 tahun dan suntikan flu yang diambilnya, ketika Perdana Menteri Chung Sye-kyun pada hari Jumat menyerukan penyelidikan di tengah meningkatnya kekhawatiran tentang keamanan vaksin setelah kematian sedikitnya 32 orang.

Remaja itu termasuk yang pertama dilaporkan meninggal sebagai bagian dari kampanye pemerintah untuk memvaksinasi sekitar 30 juta dari 52 juta populasi Korea Selatan, untuk mencegah komplikasi virus corona.

Meningkatnya jumlah korban selama sepekan terakhir, memicu para dokter dan politisi untuk menghentikan program tersebut.

Diberitakan juga, otoritas kesehatan menolak untuk menangguhkan kampanye pada hari Kamis - 22 Oktober 2020, dengan alasan kurangnya bukti yang menunjukkan hubungan langsung antara kematian dan vaksin.

Badan Forensik Nasional telah melakukan otopsi pada beberapa orang yang meninggal sebagai bagian dari penyelidikan pemerintah, dan menetapkan bahwa kematian anak berusia 17 tahun itu tidak ada hubungannya dengan vaksin tersebut, kata polisi, yang dikutip kantor berita Yonhap.

Kantor berita Korea Selatan itu menyebutkan, badan forensik dan polisi tidak dapat dihubungi untuk dimintai komentar.

Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea mengemukakan, dari kematian yang diketahui, 22 termasuk bocah lelaki itu menerima suntikan flu gratis yang diberikan pemerintah untuk sekitar 19 juta remaja dan warga lanjut usia. Setidaknya tujuh dari sembilan orang yang diselidiki memiliki kondisi yang menyebabkan kematian itu.

Perdana Menteri Kortea Selatan, Chung, mengatakan pihak berwenang harus menyelidiki "hubungan kausal" antara kematian dan vaksin dan mempublikasikan hasilnya. Ia juga menyampaikan belasungkawa kepada keluarga korban.

Penyedia vaksin, termasuk perusahaan domestik seperti GC Pharma, SK Bioscience, Korea Vaccine dan Boryung Biopharma Company, sebuah unit dari Boryung Pharm, bersama dengan Sanofi Prancis. Mereka menyediakan program gratis dan layanan berbayar.

Sepuluh orang menerima produk dari SK Bioscience, masing-masing lima dari Boryung dan GC Pharma, empat dari Sanofi dan satu dari Korea Vaccine.

Tidak jelas, apakah ada vaksin yang dibuat di Korea Selatan yang diekspor, atau apakah yang dipasok oleh Sanofi juga digunakan di tempat lain.

Keempat perusahaan domestik tersebut menolak berkomentar, sementara Sanofi tidak menanggapi permintaan komentar.

Korea Selatan memesan 20 persen lebih banyak vaksin flu tahun ini untuk menangkal apa yang disebut "twindemic" dari flu besar yang bersamaan dan wabah Covid-19 di musim dingin.

Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea melaporkan, 155 kasus baru pada tengah malam pada hari Kamis, untuk hari kedua berturut-turut penghitungan harian menandai peningkatan tiga digit setelah sebagian besar berada di bawah 100 selama dua minggu terakhir. Hal itu membuat total infeksi menjadi 25.698, dengan 455 kematian.

Sejauh ini 8,3 juta orang telah diinokulasi sejak program dimulai pada 13 Oktober, dengan sekitar 350 kasus reaksi merugikan dilaporkan, kata KDCA.

Sehari sebelumnya (Kamis, 22 Oktober 2020) SCMP memberitakan, para pejabat menolak untuk menghentikan program vaksinasi yang diduga telah menyebabkan kematian 13 orang.

Korea Selatan memerintahkan vaksinasi flu tahun ini untuk menangkal korban 'twindemic' dengan flu yang mengembangkan potensi komplikasi Covid-19

Sejumlah pejabat Korea Selatan, 'ngotot' meneruskan program inokulasi flu musiman negara itu pada hari Kamis, meskipun ada seruan untuk menangguhkan propgram, itu setelah kematian setidaknya 13 orang yang divaksinasi dalam beberapa hari terakhir.

"Jumlah kematian telah meningkat, tetapi tim kami melihat kemungkinan kecil bahwa kematian akibat tembakan," kata Jeong Eun-kyeong, direktur Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea, kepada parlemen.

Korea Selatan memesan 20 persen lebih banyak vaksin flu tahun ini untuk menangkal "twindemic" orang dengan flu yang mengembangkan potensi komplikasi Covid-19, dan membebani rumah sakit selama musim dingin.

“Saya memahami dan menyesali bahwa orang-orang khawatir tentang vaksin tersebut,” Menteri Kesehatan Park Neung-hoo mengatakan pada hari Kamis, sambil memastikan bahwa program gratis tersebut akan dilanjutkan.

"Kami sedang mencari penyebabnya, tetapi akan memeriksa sekali lagi secara menyeluruh proses yang melibatkan berbagai lembaga pemerintah, dari produksi hingga distribusi."

Harus dihentikan

Kim Chong-in, pemimpin partai oposisi utama People Power, mengatakan program itu harus dihentikan sampai penyebab pasti kematian itu diverifikasi.

Otoritas kesehatan mengatakan pada hari Rabu (21 Oktober 2020), tidak ada zat beracun yang ditemukan dalam vaksin, dan setidaknya lima dari enam orang korban yang diselidiki, memiliki kondisi yang menyebabkan kematiannya.

Program gratis ini terbukti kontroversial sejak diluncurkan bulan lalu. Kemudian ditangguhkan selama tiga minggu setelah ditemukan bahwa sekitar 5 juta dosis, yang perlu didinginkan, telah terpapar pada suhu kamar saat diangkut ke fasilitas medis.

Para pejabat mengatakan 8,3 juta orang telah diinokulasi sejak program dilanjutkan pada 13 Oktober, dengan sekitar 350 kasus reaksi merugikan, sesuai laporan mereka.

Pemerintah juga menawarkan program vaksin berbayar yang digabungkan dengan program gratis.

Di bawah program berbayar, pembeli dapat memilih penyedia vaksin dari kelompok yang lebih besar yang mencakup produsen vaksin gratis dan lainnya.

Menurut Kantor Berita Yonhap, jumlah kematian tertinggi di Korea Selatan terkait dengan vaksinasi flu musiman adalah enam pada tahun 2005. Namun, para pejabat mengatakan sulit untuk membuat perbandingan dengan tahun-tahun sebelumnya karena lebih banyak orang yang memakai vaksin tahun ini.

Kim Myung-suk, 65, yang memenuhi syarat untuk mendapatkan vaksin gratis, termasuk di antara semakin banyak orang di Seoul yang memilih untuk berolahraga.

“Meski sejauh ini hanya beberapa orang yang meninggal, jumlahnya terus bertambah dan itu membuat saya tidak nyaman,” katanya. “Jadi saya akan mendapatkan kesempatan di tempat lain dan akan membayarnya.” | scmp

Editor : Web Administrator | Sumber : SCMP dan berbagai sumber
 
Humaniora
24 Mar 24, 15:58 WIB | Dilihat : 100
Isyarat Bencana Alam
16 Mar 24, 01:40 WIB | Dilihat : 517
Momentum Cinta
12 Mar 24, 01:26 WIB | Dilihat : 526
Shaum Ramadan Kita
09 Mar 24, 04:38 WIB | Dilihat : 446
Pilot dan Co Pilot Tertidur dalam Penerbangan
Selanjutnya
Ekonomi & Bisnis
12 Mar 24, 10:56 WIB | Dilihat : 275
Nilai Bitcoin Capai Rekor Tertinggi
02 Mar 24, 07:41 WIB | Dilihat : 138
Elnusa Bukukan Laba 2023 Sebesar Rp503 Miliar
Selanjutnya