Hari Donor Darah Sedunia

WHO: 'Safe Blood for Saving Mothers'

| dilihat 2115
 
JENEWA, AKARPADINEWS.Com – Hari donor darah sedunia diperingati setiap tanggal 14 Juni. Kampanye  tahun ini yang dilakukan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bertema “Safe blood for saving mothers”, darah yang diberikan untuk menyelamatkan para ibu.  Di mana setiap hari, sekitar 800 perempuan meninggal ketika hamil atau melahirkan akibat komplikasi. 
 
WHO menyebutkan bahwa  dari 800 itu,  lebih dari setengah para ibu hamil yang meninggal itu terjadi di negara Afrika dan sebagian lagi di kawasan Asia Selatan.  Risiko terbesar di alami para remaja  yang hamil dan melahirkan di bawah usia 15 tahun. 
 
Perdarahan parah selama hamil atau usai melahirkan merupakan kasus terbanyak yang menyebabkan kematian, keadaan tidak sehat  atau cacat jangka panjang. Tujuan dari kampanye ‘Safe blood for saving mothers’ ini, dikatakan WHO, untuk meningkatkan kesadaran tentang bagaimana  proses mendapatkan, menyimpan darah atau memproduksi darah sesuai  standar yang  amat penting bagi semua negara, sebagai cara pendekatan komprehensif  dalam meminimalisir jumlah kematian dari ibu hamil. Selain itu juga mengkampanyekan bahwa setetes darah yang diberikan bisa menyelamatkan nyawa banyak orang.
 
WHO mendorong semua negara, baik nasional ataupun internasional untuk bekerjasama dalam mengalang donor darah dan meningkatkan perencanaan aktivitas bagi kesehatan para ibu. Tahun ini tuan rumah  acara dari kampanye Hari Donor Darah Sedunia  adalah Srilanka. Sedangkan,  acara global akan di selenggarakan di Kolombo  14 Juni 2014.
 
 
Data WHO juga menyebutkan bahwa 107 juta orang mendonorkan darahnya setiap tahun. Dan, 65 persen  penerima transfusi darah adalah anak-anak berusia di bawah lima tahun di negara miskin. Target WHO, di tahun 2020 nanti seluruh negara mendapatkan 100 persen dari para pendonor darah yang tak dibayar (sukarelawan) tiap tahunnya.
 
Editor : Nur Baety Rofiq
 
Budaya
09 Des 23, 08:03 WIB | Dilihat : 634
Memaknai Maklumat Keadaban Akademi Jakarta
02 Nov 23, 21:22 WIB | Dilihat : 784
Salawat Asyghil Menguatkan Optimisme
12 Okt 23, 13:55 WIB | Dilihat : 751
Museum Harus Bikin Bangga Generasi Muda
Selanjutnya
Energi & Tambang