OK-Jek, Potret Kehidupan Driver Ojek Online

| dilihat 6142

AKARPADINEWS.COM | SEJAK 28 Desember 2015 lalu, stasiun televisi NET menayangkan OK-Jek. Dengan durasi 30 menit per episode dan tayang setiap Senin hingga Jumat pukul 19.00 WIB, OK-Jek berhasil menarik perhatian penonton.

Ceritanya tentang suka duka yang dialami driver ojek online. Realitas yang dialami driver itu kemudian dikemas dalam balutan komedi yang menyegarkan. Serial komedi situasi (Sitkom) OK-Jek ini berada langsung di bawah pengawasan Roan Yandie, Vice President (VP) Programming dan VP Production NET. Komedi situasi ini juga menampilkan aktor-aktris tenar.

Di antaranya Atiqah Hasiholan sebagai Asna, Oka Antara sebagai Iqbal, Abdurrahman Arif sebagai Opang, Ibnu Jamil sebagai Seno, Jajang C Noer sebagai ibunda Iqbal, Girindra Kara sebagai Prima (CEO OK-Jek), dan Baby Jovanca sebagai Ade (customer service OK-Jek).

Episode perdana OK-Jek menceritakan seorang pengangguran bernama Iqbal. Ia mendapat omelan dari orang tuanya karena belum dapat pekerjaan. Opang, tukang ojek pangkalan, yang merupakan sahabat Iqbal memberikan sebuah ide padanya untuk mengikuti jalannya, menjadi tukang ojek. Namun, Iqbal menolak.

Pikiran Iqbal seketika berubah saat melihat Asna, perempuan cantik yang bekerja sebagai driver ojek online. Dia memutuskan untuk menjadi tukang ojek online dan bergabung di OK-Jek. Selain jatuh hati pada Asna, Iqbal sayang sekali pada ibunya, yang diperankan Jajang C Noer.

Asna, driver ojek online yang cantik, safety rider, dan taat aturan lalu lintas. Bagi Atiqah, ini merupakan kali pertama, terlibat dalam program komedi situasi. Selama ini, Atiqah selalu berperan di film drama dan FTV.

Sementara Seno, tukang ojek tampan yang selalu menjadi rebutan penumpang, khususnya perempuan. Sitkom OK-Jek semakin seru dan lucu ketika komika Dodit Mulyanto bermain di Sitkom ini sebagai Mul.

Dodit merupakan seorang stand up comedian. Dalam tayangan ini, Dodit menjadi tukang ojek yang humoris, memiliki wajah lempeng, tanpa ekspresi, dan logat bicara yang medhok Jawa.

Sampai-sampai Paramitha Rusady yang pada saat itu menjadi bintang tamu, mau jadi penumpang Mul. Kala Paramatiha diboncengi Mul, ia melakukan Foto dengan Mul di tengah jalan yang macet. Karena baru pertama kali menggunakan layanan OK-Jek, foto itu pun di-upload di sosial medianya. Dan, Mul sekejap menjadi trending topic di twitter. Hal ini yang membuat Seno, iri dengan Mul. Seno, merasa merasa lebih ganteng dari Mul.

Pemain bintang tamu lainnya adalah Putri Gusdur, Inayah Nur Wahid yang berperan sebagai Naya. Sebagai driver baru, Naya mampu merebut hati rekan seprofesinya. Bagaimana tidak, Naya dengan senang hati mentraktir makan para seniornya. Sikap Naya itu yang membuatnya dekat dengan driver lainnya, termasuk Iqbal dan Seno.

Tapi, ada masalah yang muncul. Salah satu penumpang OK-Jek, merasa dirugikan dengan kehadiran Naya. Bahkan, penumpang tersebut mengaku menjadi korban pencopetan yang dilakukan oleh Naya. Kesaksian itu sontak membuat Iqbal terkejut. Dan, dengan cepat, gosip pun menyebar di antara para driver OK-Jek, termasuk Ade dan Prima yang berada di kantor. 

Namun, tudingan negatif terhadap Naya itu diragukan. Pasalnya, hanya bersumber dari satu pihak. Iqbal sebenarnya ingin meminta klarifikasi soal tudingan itu kepada Naya. Namun, dia sungkan lantaran Naya merupakan sosok perempuan yang cuek dan kasar bila bertindak.

Di saat bersamaan, Iqbal yang tengah mengejar cinta Asna, harus dipusingkan dengan Sarah yang diperankan Niken Anjani. Niken begitu mengharap cinta Iqbal. Dia selalu mengejar lelaki pujaannya.

Sementara Iqbal, sulit menghindarinya lantaran ibunya sangat menyukai kepribadian Sarah. Di tayanangan Sitkom OK-Jek, hadir pula aktris baru, Dhianty Yusuf yang berperan sebagai Mawar, istri Mulyadi. Lalu, Daniel Glow sebagai Boni, anak Mulyadi, dan Chika Waode sebagai Shelly.

Sitkom OK-Jek merupakan tayangan yang menangkap realitas yang terjadi di sekitar masyarakat. Realitas itu kemudian dikreasikan menjadi tayangan yang cukup menghibur.

Seperti diketahui, ojek online dihadapi sejumlah permasalahan, mulai dari persaingan dengan ojek pangkalan, server aplikasi yang bermasalah yang menyebabkan order pun berkurang, order fiktif hingga penipuan order belanja yang merugikan driver. Karena mendapat respons positif, Sitkom OK-Jek pun menambah jam tayang. Mulai 4 April 2016, jam tayang Sitkom OK-Jek menjadi 1 jam, dari 19.00-20.00 WIB.

Ageng Wuri RA

Editor : M. Yamin Panca Setia
 
Ekonomi & Bisnis
03 Apr 24, 04:18 WIB | Dilihat : 238
Pertamina Siap Layani Masyarakat Hadapi Lebaran 2024
12 Mar 24, 10:56 WIB | Dilihat : 408
Nilai Bitcoin Capai Rekor Tertinggi
02 Mar 24, 07:41 WIB | Dilihat : 256
Elnusa Bukukan Laba 2023 Sebesar Rp503 Miliar
Selanjutnya
Energi & Tambang