Kolektor Memburu Komik Jadul

Komik Batman dan Superman Berharga Mahal

| dilihat 3069

JAKARTA, AKARPADINEWS.COM | Komik merupakan salah satu bagian dari perkembangan budaya masyarakat di dunia. Separuh anak-anak dunia telah tumbuh berkembang bersama buku komik. Beberapa komik mampu menginspirasi, ada pula yang membuat pembacanya berkerut jidat untuk memahami isi cerita komik tersebut.

Di Amerika Serikat, komik pernah menjadi alat untuk menyemangati tentara Amerika saat perang dunia kedua. Banyak tokoh-tokoh pahlawan super yang dijadikan patron bagi tentara Amerika untuk berjuang melawan Nazi pada masa itu.

Melalui komik-komik itu, para tentara Amerika khususnya dan warga Amerika umumnya, ditumbuhkan rasa nasionalisme yang kuat.

Kini, komik-komik yang terbit pada masa itu masih terus dicari para kolektor. Pasalnya, komik-komik tersebut sudah mengisi satu bagian tersendiri dalam sejarah peradaban negara Amerika Serikat. Bahkan, para kolektor rela mengeluarkan uang banyak untuk sekedar memiliki salah satu komik yang merupakan bagian sejarah peradaban Amerika tersebut.

Berikut komik-komik jadul (jaman dulu, red) yang masih dicari para kolektor:

Action Comic #1, Komik Kelahiran Superman

Dunia dan Amerika mungkin tidak akan mengenal tokoh pahlawan super nan gagah, Superman bila ia tidak lahir dalam Action Comic #1. Komik edisi perdana seri Action Comic tersebut mengangkat tokoh utama Superman.

Komik yang terbit 30 Juni 1938 itu merupakan awal dari kisah petualangan Superman di dunia komik Amerika saat itu. Action Comic #1 pada masanya hanya dijual seharga 10 sen dan tirasnya hingga 200 ribu. Pada tanggal 24 Agustus 2014, Action Comic #1 telah terjual di situs eBay dengan harga 3.2 juta Dollar atau setara dengan 40 milyar Rupiah.

Detective Comic #23, Komik Debut Batman

Bill Finger dan Bob Kane, penulis dan penggambar komik seri Detective Comic, tidak pernah menyangka, seri ke 27 Detective Comic akan membawa perubahan besar pada dirinya dan dunia komik Amerika. Hal itu dikarenakan pada Detective Comic #27, Finger dan Kane, menciptakan tokoh pahlawan berpersona kelelawar Batman. Pada seri tersebut Batman membawa rasa baru pada seri Detective Comic.

Debut Batman dalam komik tersebut menyebabkan komik yang terbit pada bulan Mei 1939 menjadi salah satu komik yang dicari pada masa kini. Dilansir dari therichest.com, komik debut pertama Batman itu pernah terjual dengan harga 2.2 juta Dollar atau setara dengan 27 milyar Rupiah.

Superman #1, Komik Self Title Pertama Superman

Setelah kemunculannya di komik Action Comic edisi satu hingga ke empat, Superman mendapat respon positif di masyarakat Amerika pada tahun 1938 hingga awal 1939. Akhirnya, penerbit DC Comic memutuskan untuk meluncurkan seri Superman tersendiri dalam komik berjudul Superman #1 pada tahun 1939.

Komik yang mengisahkan cerita Superman secara lengkap itu diluncurkan dengan disertai poster berwarna. Selain itu, keseluruhan isi komik juga dikemas berwarna sehingga pecinta tokoh Superman pun sangat berambisi untuk mengoleksi komik tersebut. Dilansir dari therichest.com, komik Superman #1 dibandrol dengan harga 712 ribu Dollar atau setara dengan 8.9 milyar Rupiah.

4. Marvel Comic #1, Komik Perdana Keluaran Marvel Comic

Marvel Comic dikenal oleh masyarakat dunia sebagai perusahaan yang memiliki lisensi dari superheroes seperti Captain America, Iron Man, Thor, Hulk, dan lainnya. Pada awal berdirinya, Marvel Comic merupakan perusahaan penerbitan komik yang sebelumnya bernama Timely Comic.

Pada Oktober 1939, Timely Comic menerbitkan komik perdananya dengan judul Marvel Comic #1 dengan memunculkan beberapa tokoh superheroes seperti The Human Torch, Namor The Sub-Mariner, dan The Angel. Pada bulan Oktober tersebut, Timely Comic menyetak hingga 800 ribu tiras dan langsung laris di pasaran.

Hal itu membuat penerbit Timely Comic harus menyetak ulang 800 tiras di bulan berikutnya. Kini, komik yang menjadi cikal bakal Marvel Comic tersebut dibanderol dengan harga 578 ribu Dollar atau setara dengan 7 milyar Rupiah.

5. Batman #1, Petualangan Batman dan Robin

Tokoh Batman menyusul Superman dalam hal kepopulerannya. Setelah kemunculannya di Detective Comic #27, ketertarikan publik pada tokoh Batman semakin tinggi. Oleh karena itu, pihak penerbit DC Comic menerbitkan komik berjudul Batman #1 yang merupakan self title franchise pertama untuk tokoh Batman.

Melalui komik self title tersebut, lahir banyak karakter di dalam dunia Batman, seperti Joker, Robin, Batgirl, Mr. Penguin, dan lain sebagainya. Komik Batman #1, juga berisikan kisah latar belakang tokoh Batman, mulai dari kematian keluarganya hingga hal yang membuatnya ingin menjadi Batman. Komik Batman #1 kini dibanderol dengan harga 530 ribu Dollar atau setara dengan 6.6 milyar Rupiah.

Demikian lima komik jadul yang hingga kini masih dicari oleh para pecinta komik dunia. Harga yang fantastis tersebut sekiranya sebanding dengan nilai kelangkaan komik-komik tersebut. Komik Action Comic #1 kini hanya tersisa 50 hingga 100 tiras di seluruh penjuru dunia. Semakin sedikit jumlah tirasnya maka semakin tinggi harga yang dibanderolnya. Muhammad Khairil.

Editor : Web Administrator | Sumber : berbagai sumber
 
Polhukam
19 Apr 24, 19:54 WIB | Dilihat : 246
Iran Anggap Remeh Serangan Israel
16 Apr 24, 09:08 WIB | Dilihat : 341
Cara Iran Menempeleng Israel
Selanjutnya
Ekonomi & Bisnis
03 Apr 24, 04:18 WIB | Dilihat : 254
Pertamina Siap Layani Masyarakat Hadapi Lebaran 2024
12 Mar 24, 10:56 WIB | Dilihat : 427
Nilai Bitcoin Capai Rekor Tertinggi
02 Mar 24, 07:41 WIB | Dilihat : 273
Elnusa Bukukan Laba 2023 Sebesar Rp503 Miliar
Selanjutnya