Inilah Pemenang Young Artist Award

| dilihat 2704

AKARPADINEWS.COM | PENJURIAN Young Artist Award (YAA) REDBASE Foundation telah usai. Lima nama pemenang pun diumumkan. Dalam melakukan penilaian, dewan juri mengedepankan pada kekuatan konsep dan karya seni dari berbagai media yang diajukan para peserta.

Dari proses penjurian atas 250 karya seni, Juara Pertama diraih Anang Saptoto dari Yogyakarta. Anang pun mendapatkan uang tunai sebesar Rp10 juta. Untuk Juara Kedua, ditempati Argya Dhyaksa dari Bandung dan Rega Ayundya Putri dari Jakarta. Keduanya, masing-masing mendapatkan hadiah berupa uang sebesar Rp3 juta.

Dan, Juara Ketiga direngkuh Yudha Kusuma Putera dan Dedy Shofianto. Kedua pemenang asal Yogyakarta itu masing-masing berhak atas hadiah uang sebesar Rp2 juta.

Selain mendapatkan hadiah uang, kelima pemenang itu akan bekerja sama dengan REDBASE Art Management baik dalam event di Indonesia maupun luar negeri. Pemberian kesempatan itu merupakan komitmen REDBASE untuk membantu dan mendukung perkembangan karir kelima pemenang tersebut.

Dewan juri di ajang YAA adalah orang-orang kompeten di bidangnya. Mereka antara lain Anusapati dari Yogyakarta (seniman), Asmudjo Irianto asal Bandung (kurator seni), Cosmas Gozali dari Singapura (kolektor), Edy Sunaryo dari Yogyakarta (dosen Institut Seni Indonesia Yogyakarta), dan Heri Permad dari Yogyakarta (pendiri Heri Pemad Art Management yang menggagas event JogART).

Total finalis dari ajang YAA ini berjumlah 20 seniman muda. Mereka terdiri dari seniman muda asal Yogyakarta, Jakarta, Bali, Bandung, dan Bangkalan. Dari Yogyakarta, finalis YAA cukup banyak. Finalis tersebut ialah Adek Dimas Ajisaka, Anang Saptoto, Arwin Hidayat, Dedy Shofianto, Iabadiou Piko, Laksamana Ryo, Oky Antonius, Prihatmoko Moki, Ridho Rizki, Ristiyanto Cahyo Wibowo, dan Yudha Kusuma Putera.

Dari Jakarta, finalis YAA berjumlah tiga peserta, yaitu Meliantha Muliawan, Hana Monika Kumendong & M. Haryo Hutomo, dan Rega Ayundya Putri. Finalis dari Bali hanya berjumlah dua orang, yakni I Gusti Agung Bagus Ari Maruta dan I Putu Adi Suanjaya.

Finalis dari Bandung terdiri dari Abshar Platisza, Argya Dhyaksa, dan Fika Ria Santika. Sedangkan dari Bangkalan hanya satu finalis, yakni Suvi Wahyudianto.

Animo peserta yang luar biasa untuk mengikuti ajang YAA ini membuktikan, kreatifitas seniman muda di Indonesia cukup tinggi. Hal ini menjadi pertanda baik bagi perkembangan seni visual di Indonesia.

Dan, dengan mayoritas jumlah finalis yang berasal Yogyakarta membuktikan bahwa Kota Budaya itu menjadi salah satu pemasok seniman muda terbesar di Indonesia. Kepada para finalis tersebut, REDBASE Foundation akan mengikutsertakan mereka dalam pameran karya seni yang akan diadakan pada Agustus 2016. Acara itu juga akan menjadi acara penganugerahan bagi para pemenang ajang YAA. Untuk detil pelaksanaan acara dapat menghubungi Anjali Nayenggita pada nomor 08568751186 atau melalui email di anjali@redbaseart.com.

REDBASE Foundation amat mengapresiasi kepada para seniman muda yang mengirimkan portopolio karya seninya untuk ajang YAA. Ke depannya, REDBASE berharap ingin terus memajukan perkembangan seni visual dan terus mencari bibit-bibit seniman muda. Selain itu, ajang YAA ini diharapkan dapat menginspirasi seniman muda lainnya agar terus berkarya.

Dengan kemajuan seni visual di Indonesia maka akan semakin memperkaya khasanah kebudayaan Indonesia. Karena, karya seni merupakan produk budaya yang menjadi piranti ungkap daya kreatifitas, imajinasi, dan nuansa hati. Kegiatan semacam ini patut mendapat dukungan besar, baik dari para stakeholder maupun masyarakat umum. (Advertorial)

Muhammad Khairil

Editor : M. Yamin Panca Setia
 
Sainstek
01 Nov 23, 11:46 WIB | Dilihat : 823
Pemanfaatan Teknologi Blockchain
30 Jun 23, 09:40 WIB | Dilihat : 1089
Menyemai Cerdas Digital di Tengah Tsunami Informasi
17 Apr 23, 18:24 WIB | Dilihat : 1342
Tokyo Tantang Beijing sebagai Pusat Data Asia
12 Jan 23, 10:02 WIB | Dilihat : 1483
Komet Baru Muncul Pertama Kali 12 Januari 2023
Selanjutnya
Sporta
07 Jul 23, 08:50 WIB | Dilihat : 1096
Rumput Tetangga
Selanjutnya