Wajah Afganistan Setelah Taliban Merebut Kembali

| dilihat 469

Catatan Jeehan

AHAD (14 Agustus 2021) yang mencengangkan. Kabul, ibukota Afganistan jatuh ke tangan pasukan Taliban, yang melakukan konvoi dengan kendaraan bak terbuka, sambil mengacung-acungkan aneka senjata dalam genggaman.

Kabar yang kami terima dari di Isfahan, dari Kabul, seketika Presiden Afganistan, Ashraf Ghani meninggalkan negerinya. Tak ada yang bisa memastikan dia pergi ke mana. Informasi simpang siur menyebutkan, di diterbangkan ke Dubai - Uni Emirat Arab. Ada juga kabar dia kabur ke Tajikistan.

Lewat akun Facebook-nya, hanya meletik informasi, dia pergi, karena tak ingin menghindari pertumpahan darah. Alasan klasik yang selalu diungkapkan para Kepala Negara dan Pemerintahan, ketika ditaklukan aksi pendudukan bersenjata kaum yang mereka sebut pemberontak.

Pasukan bersenjata Taliban yang selama ini menguasai provinsi Kandahar, akhirnya merangsek ke Istana Kepresidenan. Mereka juga menduduki gedung parlemen, tempat politisi biasa berdebat dan menarik urat leher antar sesamanya. Tak diketahui pula ke mana para politisi itu pergi atau sembunyi, selama empat hari terakhir.

Taliban menduduki Kabul, setelah selama dua dasawarsa negeri itu berada dalam penguasaan Amerika Serikat (AS), yang melakukan invasi tahun 2001, yang dikenal dengan George Bush War, aksi balas dendam atas serangan aksi 11 September 2001, karena Taliban tak mau menyerahkan Osama bin Laden.

Osama pemimpin kelompok Al Qaeda, yang masih merupakan bagian dari keluarga kerajaan Saudi Arabia, disebut pemerintah George Bush sebagai orang paling harus bertanggung jawab atas aksi runtuhnya Wold Trade Center di New York City -- yang menewaskan hampir 3.000 korban -- setelah ditabrak dengan sengaja oleh dua pesawat yang dibajak 19 militan yang terkait dengan kelompok ekstremis al Qaeda dalam aksi serangan bunuh diri terhadap sasaran di Amerika Serikat.

Bersama sekutunya, Inggris, pasukan Amerika Serikat menyerang kamp latihan Al Qaeda pada Oktober 2001. November 2001, dibantu pasukan marinir Inggris mereka menguasai lapangan terbang Bagram.

Penguasa Taliban meninggalkan markas mereka di Kabul, bersama anak buah mereka menyingkir ke kawasan pegunungan Afganistan. Antara lain di Kandahar. Tetapi, di sini pasukan AS dan Inggris juga menerjang mereka.

Sejak saat itu, pasukan Taliban melakukan aksi perang gerilya. Aksi perang gerilya itu mereka lakukan selama dua dekade dengan berbagai peristiwa, termasuk melakukan komunikasi dengan misi Presiden AS Donald Trump, dengan rencana penarikan seluruh pasukan AS dari Afganistan.

Pada 14 April 2021,  Presiden AS Joe Biden mengumumkan penarikan pasukan AS dari Afghanistan mulai 1 Mei sampai 11 September, mengakhiri perang terpanjang Amerika, itu. Rencana yang dikemukakan Joe Biden, itu merupakan perpanjangan dari batas waktu penarikan sebelumnya pada 1 Mei yang disepakati antara misi Trump dengan Taliban.

Momentum ini dimanfaatkan oleh pasukan Taliban. 4 Mei – pasukan Taliban melancarkan serangan besar-besaran  dan menekan pasukan Afghanistan di bagian Selatan provinsi Helmand, sekaligus melakukan serangan paralel keenam provinsi lain.

Distrik Nerkh di luar ibu kota Kabul dikuasai pada 11 Mei, saat kekerasan meningkat di seluruh negeri, dan menewaskan lebih dari 150 tentara Afghanistan dalam pertempuran memburuk yang berlangsung selama 24 jam. Serdadu Afganistan juga kewalahan menghadapi mereka, pada pertempuran yang berkecamuk di 26 dari 34 provinsi di negara itu.

11 Juni 2021, gerilyawan  Taliban melancarkan serangkaian serangan di utara negara itu, yang lokasinya jauh dari benteng tradisional mereka di selatan. Utusan PBB untuk Afghanistan menyebut, Taliban sudah menduduki dan mengambil lebih 50 dari 370 distrik negara itu.

2 Juli – Pasukan Amerika diam-diam menarik diri dari pangkalan militer utama mereka di Afghanistan – Pangkalan Udara Bagram, satu jam perjalanan dari Kabul. Ini secara efektif mengakhiri keterlibatan AS dalam perang. Tiga hari kemudian, Taliban mengajukan proposal perdamaian tertulis kepada pemerintah Afghanistan segera setelah Agustus.

Pasukan Afganistan kian terpepet. Gerilyawan Taliban, pada  21 Juli, menurut seorang jendral senior AS sudah menguasai sekitar setengah dari distrik negara itu, dan mengingatkan aksi cepat pergerakan nya.

Pada 25 Juli, AS lantas berjanji untuk terus mendukung pasukan Afghanistan “dalam beberapa minggu mendatang” dengan serangan udara intensif untuk membantu mereka melawan serangan Taliban.

Antara Mei sampai 25 Juli 2021, itu dalam catatan utusan PBB untuk Afganistan, tak kurang dari 2.400 warga sipil Afghanistan tewas atau terluka dalam kekerasan yang meningkat, peningkatan jumlah korban yang cepat sejak pencatatan dimulai pada 2009.

Lantas, Zaranj di selatan negara itu menjadi ibu kota provinsi pertama yang jatuh ke tangan Taliban dalam beberapa tahun, pada 6 Agustus 2021. Setelah itu, banyak lagi yang jatuh ke tangan Taliban, termasuk kota Kunduz yang strategis di utara.

Empat ibu kota provinsi jatuh dalam sehari, termasuk Kandahar, kota kedua di negara itu dan rumah spiritual Taliban, pada 13 Agustus. Pada saat bersamaan, Taliban menangkap lawan bebuyutannya, komandan veteran Mohammad Ismail Khan,  di Herat.

14 Agustus, Kota utama di Utara, Mazar-i-Sharif dan Pul-e-Alam, ibu kota provinsi Logar hanya 70 km (40 mil) selatan Kabul, juga dikuasai Taliban, dengan sedikit perlawanan.

AS tak ambil peduli, karena sibuk mengirim lebih banyak pasukan untuk membantu mengevakuasi warga sipilnya dari Kabul ketika Presiden Afghanistan Ashraf Ghani mengatakan dia sedang berkonsultasi dengan mitra lokal dan internasional untuk mengatasi keadaan.

Gerakan pasukan Taliban tak terbendung. 15 Agustus, mereka merebut kota timur utama Jalalabad tanpa perlawanan, yang sekaligus menandai, ibukota Afganistan, Kabul, secara efektif sudah mereka kepung.

Pada hari itu juga, mereka masuk ke Kabul, ketika pasukan AS sedang mengevakuasi para diplomat dari kedutaannya dengan helikopter. Televisi lokal 1TV melaporkan, beberapa ledakan terdengar di kota, yang sebagian besar sepi pada hari sebelumnya.

Suara rentetan tembakan terdengar di dekat bandara, ketika itu, seperti mengiringi warga Afganistan yang hendak meninggalkan ibukota itu. Dan.. saat itulah tersiar kabar, Presiden Afganistan Ghani, kabur dari Kabul.

Pasukan Taliban merangsek masuk istana presiden dan menguasainya, yang mereka perlakukan laiknya tenda tempat pertahanan mereka selama ini.

Selasa, 17 Agustus 2021, Zabihullah Mujahid yang selama dua dekade menjadi 'voice of Taliban,' menampakkan dirinya dan langsung menghiasi berbagai platform media ke seluruh dunia. Itulah pertama kalinya, khalayak dunia mengenali wajahnya.

Hari itu, Mujahid tampil di hadapan wartawan,  di ruangan yang biasa digunakan pemerintah Afghanistan memberi keterangan kepada media. Mikrofon dan perabotannya, juga masih yang sama. Bahkan tirai latarnya pun  sama. Hanya benderanya saja yang berbeda. Bendera putih Taliban telah menggantikan bendera Afghanistan.

Mujahid nampak berusaha meyakinkan, bahwa Taliban hadir dengan nada damai. Ia mengulangi jaminan Taliban sebelumnya, bahwa mereka tidak merencanakan balas dendam terhadap orang-orang yang selama ini telah menentang mereka di Afghanistan, bahkan mereka yang telah bekerja dengan pasukan militer Amerika dan NATO.

Konferensi pers itu memang ditunggu berbagai kalangan, karena bersamaan dengan jatuhnya Kabul ke tangan Taliban, tersebar berbagai cuplikan video clip bagaimana mereka melakukan hukum sebat dan rajam atas perempuan pelaku zina. Masyarakat dunia seolah sedang menanti informasi, Taliban akan melakukan aksi brutal dari tahun-tahun awal mereka berkuasa, untuk membenrkan persepsi global tentang mereka. Lantas, membalik kehidupan di Afganistan, khasnya Kabul, yang selama 20 tahun mengalami perubahan dengan kuatnya budaya Barat yang dibawa pasukan AS dan sekutunya.

Di luar ekpektasi, ketika Mujahid menyatakan, "Beri kami waktu." Dia mengatakan, Taliban sedang melakukan "pembicaraan serius" tentang bentuk pemerintahan baru. Lantas, memberikan jaminan kepada perempuan Afghanistan, yang ketika terakhir kali Taliban menguasai negara itu, terkesan melakukan tekanan terhadap perempuan.

“Kami menjamin bahwa tidak akan ada kekerasan terhadap perempuan,” katanya, “tidak ada prasangka terhadap perempuan yang akan diizinkan, tetapi nilai-nilai Islam adalah kerangka kerja kami.”

Perempuan, kata Mujahid, akan aktif dalam masyarakat, diizinkan untuk bekerja dan belajar, tetapi “dalam batas-batas yang diatur dan diperbolehkan hukum Islam.”

Para perempuan Afganistan memang was-was, termasuk akan diberlakukan kembali pemakaian burqa, yang di masa lalu menyesakkan. Namun, selama pandemi nanomonster Covid-19, justru menjadi pilihan di berbagai kawasan Timur Tengah.

Pada hari itu, suasana kehidupan di Kabul, tampaknya kembali normal. Toko-toko dibuka dan lalu lintas kembali ramai, meskipun mobil warga mesti berhenti di pos pemeriksaan.

Perempuan-perempuan, juga mulai muncul di jalan-jalan di beberapa lingkungan, dengan sedikit perubahan dalam cara mereka berpakaian. Perempuan-perempuan Afganistan, itu nampak lebih sopan, dengan abaya yang lebih longgar dan syal yang lebih ketat. Tak terkesan Taliban akan mewajibkan kembali burqa, seperti mereka lakukan pada tahun 1990-an.

Di televisi, jurnalis perempuan terlihat meliput dari jalan-jalan dan mewawancarai anggota Taliban di studio. Tapi, mereka masih berhati-hati dalam menayangkan musik ilustrasi.

Dalam konferensi pers pertama, Mujahid mengemukakan, “Kami menginginkan sistem Islam yang kuat.” Dia tidak mengatakan, bahwa pemerintahan Taliban akan seperti dulu, ketika mereka berkuas.

Menjawab pertanyaan seputar warga sipil Afganistan yang menjadi korban perang antara mereka dengan pemerintah Afganistan yang dibentengi AS dan sekutunya, Mujahid secara diplomatis mengatakan, “Keluarga kami juga menderita. Kita juga menyayangkan warga sipil yang menjadi korban."

Ihwal juru bicara pemerintah yang ditembak pasukan Taliban pekan lalu, Mujahid mengatakan, "Itu adalah peristiwa dalam perang."

Di luar penjelasan resmi dalam konferensi pers, itu beredar informasi, Taliban masih mencari Ashraf Ghani, bekas Presiden Afganistan yang kabur, itu. Yang jelas, Taliban meminta seluruh pejabat pemerintah yang ditinggalkan Ghani, untuk tetap tinggal, tetapi para pejabat mengatakan Ghani telah meninggalkan negara itu.

Agaknya, tak akan ada pemerintahan transisi. Taliban akan langsung melakukan perubahan sesuai dengan ideologi mereka, meski harus dilakukan secara bertahap. Penegasan, itu membantah penjelasan Abdul Sattar, penjabat menteri dalam negeri pemerintah, yang mengatakan bahwa kekuasaan akan diserahkan kepada pemerintahan transisi.

Mujahid menjelaskan, seluruh pasukan Taliban harus bersiaga di semua pintu masuk Kabul sampai penyelenggaraan kekuasaan yang damai dan memuaskan berlangsung. Wakil pemerintah lama dengan wakil Taliban bertemu di Qatar pada Ahad depan, kata Fawzi Koofi, anggota tim perunding Kabul.

Dari konferensi pers pertama Taliban, mengemuka pandangan, Taliban tampaknya mencoba untuk menampilkan wajah yang lebih modern. Setidaknya, hal itu mengemuka dari pandangan Suhail Shaheen, salah seorang asisten Mujahid, yang menjelaskan ihwal kemerdekaan perempuan bekerja ddalam profesi sebagai jurnalis dan diplomat.

Menurut Shaheen kepada BBC, Taliban juga menjamin properti dan kehidupan rakyat warga Afganistan aman." Belum nampak wajah baru Afganistan setelah Taliban merebut kembali negara tempat kelahiran Jamaluddin al Afghani, itu. |

Editor : eCatri | Sumber : berbagai sumber
 
Polhukam
05 Mar 24, 04:23 WIB | Dilihat : 246
Tak Perlu Risau dengan Penggunaan Hak Angket DPR
05 Mar 24, 08:18 WIB | Dilihat : 425
Anak Anak Abah Menghalau AI Generatif
22 Feb 24, 11:50 WIB | Dilihat : 318
Jalan Terjal Perubahan
18 Feb 24, 05:52 WIB | Dilihat : 274
Melayari Dinamika Kebangsaan dan Demokrasi
Selanjutnya
Humaniora
24 Mar 24, 15:58 WIB | Dilihat : 104
Isyarat Bencana Alam
16 Mar 24, 01:40 WIB | Dilihat : 520
Momentum Cinta
12 Mar 24, 01:26 WIB | Dilihat : 529
Shaum Ramadan Kita
09 Mar 24, 04:38 WIB | Dilihat : 447
Pilot dan Co Pilot Tertidur dalam Penerbangan
Selanjutnya