Datang dan Pergi di Istana Merdeka

SBY Ajak Bantu Jokowi, Jokowi Doakan SBY Panjang Umur

| dilihat 2378

JAKARTA, AKARPADINEWS.COM | SETELAH ditunggu beberapa jam, karena melakukan kirab dengan kereta kuda ke Istana Merdeka, akhirnya Joko Widodo yang baru dilantik sebagai Presiden Republik Indonesia ke 7 memasuki Istana Merdeka.

Pukul 14.30, Jokowi didampingi isterinya dan Jusuf Kalla didampingi isterinya, tiba di Istana Merdeka. Sejumlah pasukan menyambut kedatangan mereka. Di tangga Istana Merdeka, Prof. Dr. Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Bu Ani, menjemputnya.

Lagu kebangsaan Indonesia Raya berkumandang begitu Presiden RI ke 7 itu tiba. Kemudian, didamlingi SBY, Jokowi selaku Presiden RI, berjalan kaki melakukan pemeriksaan barisan militer. Upacara diakhiri dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Selepas itu, dihantar oleh SBY dan Bu Ani,  Jokowi dan Irianamemasuki ruang utama Istana Merdeka. Ruangan itu, sering dipergunakan sebagai tempat menerima surat-surat kepercayaan bagi duta besar negara sahabat.

Ketika menuju ke ruangan itu, Wakil Presiden dan Ibu Mufidah Jusuf Kalla, tak terlihat Prof. Boediono dan isterinya.  Keluarga Jokowi dan keluarga Jusuf Kalla masuk ke dalam ruang yang biasanya dipergunakan untuk penyerahan surat-surat kepercayaan Duta Besar negara sahabat.

Jusuf Kalla dan Ibu Mufida terlihat meninggalkan Istana Merdeka, begitu diberitahu penyambutan di Istana Merdeka itu ditujukan untuk Jokowi dan isteri. Tapi, sejumlah keluarga Jusuf Kalla masih nampak di ruangan itu, seperti Suhaily Kalla, Erwin Aksa, dan Aksa Mahmud. Juga terlihat, Ketua Tim Transisi Jokowi Rini Soemarno, Moeryati Sudibyo dan puterinya. Terlihat juga di barisan keluarga Jokowi, pengusaha dan musisi Setiawan Djodi. Mereka berbanjar di sebelah kanan.

Di sebelah kiri, berjajar para mantan Menteri Kabinet Indonesia Bersatu II, mantan anggota Wantimpres dan staf kepresidenan lainnya yang juga berakhir masa jabatannya.

Ketika diberi kesempatan berbicara, SBY meminta seluruh staf istana dan seluruh kalangan membantu Jokowi, sehingga sukses dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sebagai Presiden Republik Indonesia. SBY mengajak seluruh staf dan karyawan di lingkungan Istana, memberikan pelayanan terbaik kepada Presiden ke 9 dan Ibu Negara yang baru itu.

“Pemimpin datang dan pergi, namun semuanya berniat dan bertujuan untuk berbuat yang terbaik bagi bangsa dan negara,” ungkap Presiden RI ke 6 itu. Ia juga mengingatkan, seorang pemimpin, siapapun dia, tidak dapat mengemban tugas seorang diri. Pemimpin pasti memerlukan bantuan dan dukungan dari seluruh rakyat Indonesia.

Tiba giliran berbalas sambutan, Jokowi, Presiden RI ke 7 itu, dengan beberapa kali jeda, akhirnya mengucapkan terima kepada SBY. Lalu, guyon. Dia cerita, kemarin (19/10) SBY mengajaknya keliling Istana Negara dan Istana Merdeka, juga Kantor Kepresidenan. “Saya jadi tahu ruang tidur, ruang tamu, ruang kerja, dan kebun. Di kebun ada burungnya, semuanya berkicau,”kata Jokowi.

Mantan Walikota Solo itu juga mendoakan agar SBY dan Bu Ani diberikan berkah umur yang panjang. Selepas itu, Jokowi dan Iriana mengantarkan SBY dan Bu Ani meninggalkan Istana Merdeka dari Pintu Timur.

Sebelum sampai di pintu gerbang Timur, sepasukan Paspampres memberikan penghormatan terakhir kepada SBY dan Bu Ani. | Noora

Editor : Web Administrator
 
Budaya
09 Des 23, 08:03 WIB | Dilihat : 749
Memaknai Maklumat Keadaban Akademi Jakarta
02 Nov 23, 21:22 WIB | Dilihat : 904
Salawat Asyghil Menguatkan Optimisme
12 Okt 23, 13:55 WIB | Dilihat : 858
Museum Harus Bikin Bangga Generasi Muda
Selanjutnya
Seni & Hiburan
03 Des 23, 14:05 WIB | Dilihat : 531
Kolaborasi Pelukis Difabel dengan Mastro Lukis
29 Sep 23, 21:56 WIB | Dilihat : 1625
Iis Dahlia
09 Jun 23, 09:01 WIB | Dilihat : 1402
Karena Lawak Chia Sekejap, Goyang Hubungan Kejiranan
Selanjutnya