21heroes2021 TUMI

Elon Musk - Anies Sesanding Pahlawan Transformasi Mobilitas Urban Dunia

| dilihat 381

BOLEH jadi, Elon Musk tak perlu mencari T Shirt kesukaannya yang mencerminkan aksi inovasi yang dilakukannya di Tesla, dan Anies Baswedan tak perlu mengenakan jas casual, untuk bertemu dan bertukar-pikiran ihwal transformasi transportasi.

Gagasan Elon Musk ihwal electric supercar bisa jadi 'bertemu' wawasan di sirkuit Formula-E yang akan digelar di Ancol, sekaligus mengulang ingat, bahwa Ancol pernah menjadi ajang balap motor di masa lalu, selepas sirkuit Pangkalan Jati berubah fungsi. Namun terekam dalam kenangan anak-anak yang lahir dan belia Jakarta awal dekade 70-an.

Dalam hal transformasi transportasi dunia, Elon Musk dan Anies Rasyid Baswedan - Gubernur Jakarta (yang akan mengakhiri tugasnya Oktober 2022 mendatang) sesanding sebagai 21Heroes2021 pilihan TUMI (Transformative Urban Mobility Inisiative).

Lewat 21Heroes2021, TUMI memberi penghormata kepada mereka yang sukses mengelola gagasan dan mewujudkannya dalam transformasi (perubahan dramatik) transportasi dunia pada tahun 2020, terlepas dari tantangan bersejarah yang dihadapi, dan meletakkan dasar untuk inisiatif mobilitas yang lebih sukses dan berkelanjutan pada tahun 2021.

TUMI menyoroti para 21 pahlawan, dari banyak orang yang aktif berkontribusi untuk membuat mobilitas berorientasi masa depan, aman, inklusif, dan berkelanjutan.

Lantas merayakan pahlawan transportasi yang mereka pilih: orang-orang yang berkomitmen untuk mengubah mobilitas untuk meningkatkan kehidupan bagi semua!

Menurut publikasi TUMI, di seluruh dunia, pemimpin kota, pakar transportasi, perencana atau kalangan lain berusaha mengubah mobilitas menjadi lebih baik untuk semua. TUMI,  menyatukan mereka.

TUMI meluncurkan inovasi di lapangan, memberi peluang bagi para pemimpin yang berpengetahuan luas dan berinvestasi di masa depan mobilitas perkotaan, melalui inisiatif implementasi global terkemuka pada mobilitas perkotaan.

Latar belakangnya adalah keyakinan pada masa depan yang lebih baik bagi umat manusia yang diberdayakan secara kuat menciptakan kondisi mobilitas bersih.

Visi TUMI jelas ! Menempatkan dan mengembangkan kota dengan kinerja ekonomi, sosial, dan lingkungan yang meningkat sejalan dengan Agenda Baru Perkotaan, Agenda 2030, dan Perjanjian Paris.

TUMI yang didasarkan pada tiga pilar: inovasi, pengetahuan, dan investasi, mendukung proyek percontohan inovatif di seluruh dunia. Sekaligus berbagi pengetahuan dengan para perencana tentang konsep mobilitas modern. Juga, berinvestasi dalam pembangunan dan modernisasi infrastruktur perkotaan yang berkelanjutan.

21 Pahlawan mereka pilih. Elon Musk berada dalam urutan ke 6, setelah Elke Van den Brandt - Ketua Menteri (Gubernur) Ibu Kota Belgia, Brussel; Carlos - Sekretaris Transportasi Medellín, Kolombia; Andriy Bilyy - Manajer Transportasi & Mobilitas, Dewan Kota Lviv, Ukraina; Dagmawit Moges - Menteri Transportasi Republik Demokratik Federal Ethiopia dan Aru Botra - Ketua dan Direktur Pelaksana Odisha State Road Transport Undertaking (OSRTC) dan Managing Director Capital Region Urban Transportasi (CRUT) Odisha, India.

Elon, penggagas dan inovator SpaceX sekaligus Pendiri dan CEO (chief executive officer) Tesla, Amerika Serikat. Musk adalah legenda sejati dalam inovasi, kendaraan listrik dan perusahaan energi bersihTesla, yang sedang bergerak mencapai tujuan "mempercepat munculnya transportasi berkelanjutan," dengan mendorong batas-batas e-mobilitas.

Elon dipilih dengan capaiannya dalam mewujudkan transformasi transportasi berkelanjutan yang memerlukan lebih banyak angkutan massal daripada mobil individu, tetapi visi dinamis dan semangat fokus Elon tetap akan memacu perubahan yang lebih besar pada masa depan industri mobilitas.

TUMI menyimpan pertanyaan: akankah Elon melebarkan sayap ke mobilitas publik seperti e-bus?

Selain sebagai visioner transportasi, menurut TUMI, Elon seorang insinyur, raja bisnis, perancang industri, dan dermawan, yang juga pendiri The Boring Company; salah satu pendiri Neuralink;  co-founder dan co-chairman awal OpenAI.

Elon yang terpilih sebagai Anggota Royal Society (2018) pada peringkat pertama bersama dalam daftar Pemimpin Paling Inovatif tahun 2019 versi Forbes.

Tentang Anies Rasyid Baswedan, Gubernur Jakarta yang berada pada urutan angka keramat 17, dinilai oleh TUMI sebagai sosok yang di tengah kabut asap kota, melihat peluang untuk meluncurkan operasional bus listrik dan renovasi stasiun transportasi umum kota yang terhubung langsung dengan stasiun kereta api komuter.

Dengan spirit kolaborasi dan integrasi, perwujudan gagasan, narasi dan tindakan Anies, berbuah prestasi bagi Jakarta.

TUMI menyebut, Anies pandai memimpin perbaikan transit yang stabil, termasuk layanan bus masing-masing dan  jaringan bersepeda besar, 63 km di antaranya sudah ada. Hal itu digerakkannya, di tengah sumber daya yang sudah langka dan berkurang di Jakarta selama Covid-19 membekap.

Di bawah kepemimpinan Anies, Jakarta terus bekerja menuju tujuan bersama untuk menciptakan transportasi yang adil, terjangkau, dan inklusif untuk semua.

Sebelum pandemi, Anies mencermati sistem transportasi Jakarta untuk menciptakan sistem moda transportasi yang transformatif dan terintegrasi. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI (2014-2016) yang rajin dibuli kalangan berwaktu luang dan tak berprestasi, itu seorang akademisi, aktivis,  dan pendiri Indonesia Mengajar, sebuah program mentor yang menugaskan lulusan universitas melayani rakyat dalam misi mengajar satu tahun di seluruh negeri.

Anies berada dalam jajaran 21Herois2021, bersama Joe Ma -  Wakil General Manager Shenzhen Bus Group Co. Ltd., Tiongkok; Dongho - Traffic Engineer - Seattle, Amerika Serikat;  Erion - Walikota Tirana, Albania; Felix - Kepala Departemen Jalan dan Taman di Friedrichshain-Kreuzberg, Berlin, Jerman; Nicolás; Birgit - Mantan Anggota Dewan Kota Eksekutif untuk Perencanaan Kota, Lalu Lintas & Transportasi, Perlindungan Iklim, Perencanaan Energi dan Partisipasi Publik di Wina, Austria; Nelson -  Walikota Porto Alegre, Brasil; Nicolás - Sekretaris Mobilitas Bogotá, Kolombia; Areli - Walikota Meksiko.

Para pahlawan lainnya adalah: Jeffrey - Direktur Transportasi, Badan Transportasi Kota San Francisco, California, Amerika Serikat; Soumini - Mantan Walikota Cochin di Kochi, India (2015-2020); Zannatul - Walikota Singra, Bangladesh; Hassan - Gubernur Mombasa, Kenya; dan, Karima - Ketua Komite Transportasi di Parlemen Uni Eropa.

Mereka, termasuk Elon dan Anies menunjukkan komitmen, kesungguhan, dan kerja berdimensi kemanusiaan, kesetaraan, keadilan, dan ketangguhan untuk tetap memelihara mobilitas kota dan mengembangkan transportasi bersih di dunia.

Mereka berjuang di lapangan dan ruang lingkup tugas mereka dengan menunjukkan kemampuan dan kemumpunian melalui berbagai inisiatif dalam kapasitas sebagai pemimpin.

Dengan komitmen, "Bersama untuk masa depan mobilitas yang lebih baik," TUMI didasarkan pada tiga pilar: inovasi, pengetahuan, investasi, terus mendukung proyek percontohan inovatif di seluruh dunia.

Dalam publikasinya, TUMI menegaskan, "Di seluruh dunia, para pemimpin kota, pakar transportasi, perencana, atau pelajar berusaha keras untuk mengubah mobilitas menjadi lebih baik bagi semua."

TUMI bertujuan menyatukan para pemimpin kota, perencana dan pelaku di dunia transportasi, dengan meluncurkan inovasi di lapangan, sehingga memungkinkan pemimpin yang berpengetahuan luas, berinvestasi di masa depan mobilitas perkotaan.

Elon, Anies dan para pahlawan mobilitas urban menjanjikan harapan bagi kehidupan lebih baik, pasca pandemi. | Jeehan.

Editor : delanova | Sumber : TUMI dan berbagai sumber
 
Seni & Hiburan
31 Jul 21, 04:03 WIB | Dilihat : 452
Mata Maut
Selanjutnya
Ekonomi & Bisnis
03 Des 22, 15:17 WIB | Dilihat : 41
Ginanjar Nilai Semua Investasi Jepang Lancar
15 Jun 22, 09:26 WIB | Dilihat : 361
Gobel : PMK Hewan Memukul Kedaulatan Pangan
Selanjutnya