Humaniora
Poek atawa Gelap
14 Apr 22, 23:02 WIB | dilihat 328
Catatan Renungan Bang Sém Poek (baca: poék). Ini kosakata dalam bahasa Sunda, yang berarti gelap gulita atau gelap pekat. Saya yakin, setiap kita pernah mengalami keadaan di dalam situasi poék...
Saatnya Boven Digoel Memperoleh Nilai Tukar Sepadan
26 Mar 22, 18:32 WIB | dilihat 480
Syaiful Bahri Ruray “A country without memory  is a nation of madmen.”  [George Santayana]. Bagaimana mungkin kelompok-kelompok masyarakat yang miskin dan lemah tapi punya kekuatan bermimpi melepaskan diri dari kemiskinan..
Melintasi Malam di Ibu Kota Senyap
15 Mar 22, 08:57 WIB | dilihat 357
Catatan Bang Sém Rembulan terang pada malam yang senyap. Pelataran Pagoda Uppatasanti megah yang luas, terasa sakral. Dari loudspeaker yang dipasang di beberapa sudut pagoda, terdengar suara bhiku membaca Bhagavad-gita...
Kegelisahan Politisi Masa Lalu
10 Mar 22, 08:12 WIB | dilihat 312
Delanova Jelang pilihan raya tiba merupakan masa yang paling menggelisahkan bagi politisi masa silam, yang -- karena usia -- terpaksa menyaksikan laku politik yang tak sesuai dengan fantasi mereka. Terutama..
Takdir Baru Kaum Betawi
08 Mar 22, 08:23 WIB | dilihat 527
Catatan Bang Sém Haesy Allah sedang merancang kebaikan luar biasa bagi bangsa Betawi. Rancangan yang tak pernah mampu dijangkau oleh empirisma manusia. Rancangan yang hanya mungkin dibaca oleh manusia-manusia berkualitas..
Purnomo Belajar Baik
06 Mar 22, 09:33 WIB | dilihat 460
Catatan Bang Sém Salah satu saluran You Tube yang selalu saya ikuti dan simak adalah Purnomo Belajar Baik. Saluran ini dikelola oleh Aipda Purnom, salah seorang petugas kepolisian Polres Lamongan..
Membaca Fenomena Tri Suaka dan Zidin Zidan CS sebagai Penunggang Gelombang Transformasi
17 Feb 22, 07:00 WIB | dilihat 253
Catatan Bang Sém Mulanya saya tak begitu serius mencermati fenomena yang berkembang dalam gelombang transformasi ragam media, ragam saluran, dan ragam platform dengan berbagai aplikasi dan formula yang menyertainya. Suatu..
Pendidikan Seni Budaya Hidupkan Akal Budi
11 Feb 22, 13:47 WIB | dilihat 420
Prof. Dr. Endang Caturwati, ST., MS., Guru Besar Seni Pertunjukan Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung, merespon baik Rekomendasi Akademi Jakarta, "Cegah Penghancuran Nalar Publik," khasnya Bidang Pendidikan. "Pendidikan seni..
 
Lingkungan
Polhukam