Sembako Murah FORHATI untuk Kaum Dhuafa

| dilihat 3798

PRESIDIUM Nasional FORHATI (Forum Alumni HMI Wati), kembali beraksi. Senin (21/5/18), organisasi perempuan muslim cendekia ini, menggelar kegiatan Sembako Murah dan Buka Puasa bersama dhu’afa dan anak yatim, di Masjid An Nurainiyah – Jalan Peta Selatan – Kalideres – Jakarta Barat.

Kegiatan ini diselenggarakan bersama Lembaga Seni Budaya Majelis Nasional KAHMI, sebagai upaya meningkatkan ukhuwah Islamiyah, sekaligus berbagi.

Koordinator Presidium FORHATI Hanifah Husein mengemukakan, kegiatan ini diselenggarakan sebagai upaya menguatkan ukhuwah islamiyah dan ukhuwah wathaniyah.

“Kami menyalurkan shadaqah yang dihimpun dari para donatur, khususnya alumni HMI dan HMI wati, utuh kepada saudara-saudara yang berhak menerimanya,” ujar Hanifah Husein.

Akan halnya Ketua Lembaga Seni Budaya Majelis Nasional KAHMI, Geisz Chalifah mengemukakan, kegiatan ini mengawali seluruh rangkaian aktivitas sosial kemasyarakatan FORHATI dan KAHMI. “Sekaligus mengkaribkan kembali alumni HMI – HMI wati dengan masjid. Karena dulu, aktivitas HMI-HMIwati begitu dekat dengan masjid,” cetus Geisz.

Dalam acara buka puasa bersama kaum dhuafa dan anak yatim, itu hadir Dewan Kemakmuran Masjid, tokoh masyarakat, jama’ah masjid An Nurainiyah, Penasehat Majelis Nasional KAHMI Ferry Mursidan Baldan, disertai dengan ceramah tentang Ketahanan Keluarga dan kultum (kuliah tujuh menit) tentang esensi ukhuwah berdimensi sosial bagi masyarakat.

Warga Jalan Peta Selatan Kalideres Jakarta Barat menyambut gembira  kegiatan berbagi sembako dan buka bersama itu.

Sejak selepas dzuhur, sekira pukul 13.00 masyarakat sekitar lokasi masjid sudah didatangi masyarakat. Mereka mendapatkan paket sembako murah bernilai Rp100 ribu yang cukup ditukar dengan kupon seharga Rp20 ribu.

Uang yang terkumpul dikembalikan kepada masyarakat dalam bentuk santapan berbuka puasa bagi kaum dhuafa dan anak yatim. Termasuk pengungsi Rohingya yang mendirikan tenda di tempat penampungan sementara imigrasi, yang terletak tak jauh dari lokasi kegiatan ini.

Kegiatan bertajuk Ramadan Mubarak, itu dirasakan cukup membantu warga. “Bener-bener membantu. Alhamdulillah banget,” ujar Mak Ijah, warga setempat yang sudah berusia 70 tahun.

Bagi Mpok Maryuti, warga RW03 yang datang ke tempat itu, kegiatan itu merupakan kejutan. “Gak ada pengumuman sebelonnye. Tau-tau daripagi dapet info bakal ade sembako murah. Beneran murah. Terime kasih nikh ame panitia. Sering-sering dong bikin yang kayak beginian,” ungkap Mpok Maryuti yang biasa dipanggil Mpok Mar, dengan logat Betawi.

Di lokasi kegiatan, panitia yang diketuai oleh Kasmawati Kasim Marewa, menjelaskan, tak kurang dari 1000 paket sembako yang disiapkan untuk kegiatan itu. 

Progam ini, sejalan dengan kegiatan Ramadan oleh Pemprov DKI Jakarta, yang turun ke tengah-tengah masyarakat membantu memenuhi kebutuhan pokok warga.  

Suasana program sembako murah dan buka puasa berlangsung tertib. Warga masyarakat dan peserta buka puasa yang memenuhi masjid, nampak ceria.

“Kegiatan ini akan kita lanjutkan di lima wilayah kota. Tanggal 25 Mei nanti, kita rencanakan di wilayah Kalibata,” jelas Kasma.

Suasana tertib dan gembira, itu diharapkan juga berlangsung di lokasi kegiatan lainnya, termasuk di daerah padat penduduk miskin, sekitar Masjid Luar Batang, yang akan menjadi lokasi kegiatan sesudah Kalibata.

“Mohon do’a ibu-ibu dan bapak-bapak, kita dapat terus melakukan kegiatan ini,” sambung Hanifah. “Dengan cara seperti ini, kita memperkuat hubungan Forhati dan KAHMI dengan masyarakat. | Madi

Editor : sem haesy
 
Ekonomi & Bisnis
07 Mei 18, 12:45 WIB | Dilihat : 2736
Soal TKA Yang Diperlukan Cara Bukan Alasan
25 Apr 18, 01:49 WIB | Dilihat : 740
10 Alasan Perusahaan Gagal Dalam Layanan Prima
23 Apr 18, 12:58 WIB | Dilihat : 650
ICPF2018 Jendela Industri Kreatif dan Budaya
Selanjutnya
Humaniora
15 Jun 18, 13:26 WIB | Dilihat : 654
Pemimpin Bisa Jatuh dan Tak Berharga Karena Tidak Adil
13 Jun 18, 00:53 WIB | Dilihat : 448
Deddy Mizwar di Ujung Ramadan
04 Jun 18, 03:59 WIB | Dilihat : 2001
Razan Srikandi Gaza Syahid di Bulan Ramadan
26 Mei 18, 15:40 WIB | Dilihat : 3630
Gubernur Anis Motivasi Ibu-Ibu Rawajati
Selanjutnya