Kuliner

Heboh Jus Katak untuk Kesehatan

| dilihat 2525
AKARPADINEWS.Com – Di Peru jus katak dianggap banyak manfaatnya buat kesehatan. Jus ini dipercaya bisa mengobati  beragam penyakit, seperti anemia, bronkhitis, tulang, otak, kelelahan, dan stres. Benarkah?
 
Katak-katak dari Danau Titicaca di Peru merupakan bahan utama minuman jus yang diyakini sebagian budaya Andes memiliki khasiat untuk mengobati asma, bronkhitis, kelesuan dan mengatasi masalah seksualitas.
 
Untuk membuat campuran tersebut, yang dijual di Andes dan juga beberapa kios di ibukota Lima, penjual Maria Elena Cruz mengambil katak dari akuarium kecil dan membunuhnya dengan membanting satwa itu di meja kiosnya.  Berikuitnya, ia menguliti katak itu dan memasukkannya ke dalam mesin blender dengan wortel, akar umbi-umbian Peru dan madu. Cairan tersebut akan berwarna kehijauan dan Cruz menyajikannya dalam gelas kepada para pelanggan.
 
"Jus katak baik untuk anemia, bronkhitis, tulang, otak, kelelahan, stress. Sebagian besar anak-anak, orang dewasa dan orang-orang dengan anemia, masalah pernafasan dan terkadang tuberkulosis" yang datang ke kiosnya, ujar Cruz dikutip AP.
 
Sebagian besar pelanggan kios jus Cruz datang dari wilayah Andes yang berbatasan dengan Bolivia, di mana minuman tersebut juga populer. 
 
Hingga kini tak ada bukti ilmiah yang mengukuhkan manfaat-manfaat jus katak tersebut.Katak-katak itu termasuk dalam spesies Telmatobius yang secara lokal diketahui sebagai katak air Titicaca. Golongan itu termasuk dalam spesies terancam oleh Serikat Internasional untuk Pelestarian Alam.
 
Cecilia Cahuana, 35, adalah penggemar just katak itu dan ia mengatakan cairan tersebut "langsung menyembuhkan asma, bronkhitis, memiliki vitamin dan banyak protein."
 
Editor : Nur Baety Rofiq
 
Humaniora
02 Apr 24, 22:26 WIB | Dilihat : 534
Iktikaf
31 Mar 24, 20:45 WIB | Dilihat : 1057
Peluang Memperoleh Kemaafan dan Ampunan Allah
24 Mar 24, 15:58 WIB | Dilihat : 284
Isyarat Bencana Alam
16 Mar 24, 01:40 WIB | Dilihat : 751
Momentum Cinta
Selanjutnya
Polhukam
19 Apr 24, 19:54 WIB | Dilihat : 241
Iran Anggap Remeh Serangan Israel
16 Apr 24, 09:08 WIB | Dilihat : 340
Cara Iran Menempeleng Israel
Selanjutnya