Penelitian

Gajah Bisa Bedakan Bahasa dan Suara Manusia Loh

| dilihat 1007
 
 
AKARPADINEWS.Com - Jika Anda pergi ke kebun binatang dan berbicara dengan gajah maka gajah-gajah itu kemungkinan akan tahu pembicaraan Anda! Pasalnya, hasil peneitian di Afrika menemukan bahwa ketika manusia berbicara, gajah-gajah itu mendengarkan, dan memperhatikan.
 
Para peneliti mengatakan gajah bisa membedakan bahasa manusia, dan mereka bisa membedakan suara laki-laki, perempuan atau anak laki-laki. Penelitian tersebut dilakukan di Taman Nasional Amboseli, di Kenya, di mana ratusan gajah liar hidup di tengah-tengah manusia.
 
Para peneliti merekam suara-suara laki-laki Maasai, yang kadang-kadang membunuh gajah yang berkonfrontasi memperebutkan tempat merumput untuk hewan ternak, dan laki-laki Kamba, yang tidak terlalu menjadi ancaman bagi gajah. Rekaman-rekaman tersebut mengandung kalimat yang sama: "Lihat. Ada sekelompok gajah," dalam dua bahasa yang berbeda.Ada juga rekaman perempuan Maasai dan anak laki-laki Maasai.
 
Ketika rekaman tersebut dimainkan untuk ratusan gajah di seberang 47 kelompok keluarga, reaksinya mengejutkan.Ketika gajah mendengar suara laki-laki Maasai dewasa, mereka cenderung berkumpul bersama atau menjauh dengan berhati-hati. Tapi ketika gajah-gajah tersebut mendengar suara perempuan Maasai, anak-anak laki atau laki-laki Kamba dewasa, mereka tidak menunjukkan kekhawatiran. Penelitian tersebut dirilis pada hari Senin di Proceedings of the National Academy of Sciences, demikian VOA.
 
Editor : Nur Baety Rofiq
 
Humaniora
10 Jul 19, 08:56 WIB | Dilihat : 959
Hati Bungah Melihat Betawi Mesra
06 Jul 19, 22:27 WIB | Dilihat : 536
Cermin dari Ciswoto dan Evie Tyas
27 Jun 19, 13:34 WIB | Dilihat : 1139
Among Tamu adalah Kehormatan
17 Jun 19, 19:03 WIB | Dilihat : 813
Benahi Minda, WAG Cerdas
Selanjutnya
Energi & Tambang