Kesehatan

7 Kiat Mudah dan Murah Redam Stres

| dilihat 1238

Foto: Baety

 
 
AKARPADINESW.COM- Ekpektasi yang begitu tinggi terhadap kehidupan namun tak seiring dengan hasil nyata, memunculkan rasa cemas dan stres bagi banyak orang. Biasanya stres timbul akibat tenggat waktu pekerjaan yang sempit, hubungan asmara dan hubungan kerja tak harmonis, masalah keuangan , serta banyak lagi.
 
Sebagian orang bisa mengatasi stresnya dengan baik. Tapi, ada juga orang yang tak tahu cara mengatasinya hingga rasa cemas dan stres bisa merusak kualitas hidupnya. Tekanan hidup yang makin tinggi membuat sebagian besar orang berlomba-lomba mengatasinya secara cepat. Tapi jangan berasumsi negatif dulu, cara instan yang dimaksud adalah segera mungkin di atasi sendiri tanpa bantuan seorang profesional loh. Berikut tujuh kiat mengatasi stres dan cemas secara mudah dan murah:
 
Tarik Nafas
Ketika Anda dalam kondisi marah yang luar biasa, akibat masalah-masalah yang    memojokkan Anda , seperti terjebak macet atau menghadapi orang yang susah diberi pengertian maka Anda jangan terpancing emosi. Tarik nafas dalam-dalam dan keluarkan secara perlahan dan ulangi beberapa kali. Maka perasaan cemas akan hilang dan bisa menenangkan Anda sesegera mungkin.
 
Istirahat Cukup
Begitu banyaknya persoalan yang dihadapi, jangan lantas disimpan berlarut-larut dalam pikiran. Agar tak membuat kepala makin pusing yang berujung pada sebuah keputusan tergesa-gesa, lebih baik Anda segera tidur. Biasakan tidur lebih dini dan hindari tidur larut malam, ataupun menjelang pagi. Biasakan tidur minimal enam jam agar esok harinya Anda bisa segar, baik tubuh maupun pikiran.
 
Jauhkan Gadget Anda
Orang bilang games bisa atasi kebuntuan pikiran Anda. Itu tak selamanya benar. Hindari pengunaan telepon selular, main games, nonton DVD/ televisi ataupun berinteraksi di media sosial. Setidaknya, “Katakan Tidak untuk Gadget/TV Selama Satu Hari”. Ini efektif dalam memberi waktu istirahat Anda agar tak menambah masalah-masalah baru atau info-info yang tak penting. Setidaknya, Anda bisa mengunakan waktu secara efektif dan efisien serta memiliki waktu sejenak untuk menenangkan diri.
 
Ubah Gaya Hidup Anda
Jika Anda tak menyukai sayuran maka sebaiknya ubah gaya hidup Anda jadi lebih baik dari sebelumnya. Tanamkan dalam pikiran “Sayangi Diri Sendiri”. Pertama : mulailah mengonsumsi sayuran dan buah. Perbanyak makanan berserat dan banyak minum air putih, serta hindari makanan berlemak tinggi. Kedua : hindari pula merokok dan minum kopi.  Tegaskan dalam pikiran Anda rokok tak hanya merusak tubuh Anda tetapi orang terkasih di sekita Anda.  Mengonsumsi rokok dan kopi Karena bukan solusi stres dan cemas yang di dapat namun masalah baru akan mengikuti Anda di kemudian hari.  Ketiga: dan segeralah olah tubuh Anda dengan beragam gerakan, setidaknya 30 menit berjalan kaki tiap hari.
 
Foto :Istimewa
 
Minum Teh Chamomile
Satu lagi, hal yang bisa segera dilakukan adalah minum secangkir teh. Anda pastinya tahu minum teh bisa meredus racun dalam tubuh. Teh hijau memiliki antioksidan dalam mengurangi lemak dan meremajakan kulit. Namun, khasiat dari teh Chamomile lain lagi. Teh ini bisa memberikan sensasi relaksiasi dan membuat tidur menjadi nyenyak. Padukan secangkir teh hangat dan sedikit madu maka akan tercipta kombinasi pas , yang membuat tubuh jadi rileks.
 
Foto:Istimewa
 
Liburan Yuk
Ada baiknya Anda mengambil cuti, minimal satu hari untuk relaksasi dan tenangkan pikiran Anda. Melihat laut dan pemandangan alam adalah rekreasi yang lebih bermanfaat ketimbang jalan-jalan ke mal. Karena, melihat suasana berbeda akan memompa semangat baru dan lebih cepat prosesnya dalam melupakan beragam masalah.
 
 
Deteksi Dini
Anda harus membiasakan diri mampu menganalisis tubuh dan pikiran Anda, agar bisa terhindar dari stres. Jika Anda mengalami tanda-tanda stres walau masih cenderung dini , misalnya mengalami cemas berlebihan maka jangan sepelekan. Ada baiknya, segera lakukan tindakan ringan seperti  tips di atas.
 
 
Editor : Nur Baety Rofiq
 
Polhukam
19 Okt 19, 10:03 WIB | Dilihat : 81
Obsesi Keindonesiaan
17 Okt 19, 20:45 WIB | Dilihat : 236
Langkah Anies Sudah Tepat dan Berprestasi
10 Okt 19, 12:06 WIB | Dilihat : 655
Buah Peluh Tanpa Keluh Bangsa Melayu
09 Okt 19, 09:40 WIB | Dilihat : 468
Utusan Melayu itu pun Akhirnya Ditalqinkan
Selanjutnya
Ekonomi & Bisnis
09 Okt 19, 08:57 WIB | Dilihat : 440
Langkah HK Membentang Masa Depan di Sumatera
04 Okt 19, 22:49 WIB | Dilihat : 181
Suap Menyuap Direksi BUMN
10 Sep 19, 14:32 WIB | Dilihat : 373
Atmosfir Pelayanan di Hutama Karya
08 Sep 19, 20:57 WIB | Dilihat : 224
Perkuat Nilai Tukar Rupiah, BI Akselerasi Pasar Keuangan
Selanjutnya