Tips

7 Cara Mencegah Virus Korona MERS

| dilihat 2475
 
 
AKARPADINEWS.Com- Lebih dari 18 bulan virus korona Middle East Respiratory Syndrome (MERS) menjangkiti dataran Arab Saudi dan menewaskan 102 orang, termasuk satu orang warga negara Indonesia (WNI). Beragam cara ditempuh untuk meredam meluasnya virus ini, salah satunya dengan cara pencegahan.
 
WNI yang meninggal pada Minggu (27/4) berinisial NA ialah seorang perempuan berusia 61 tahun yang sudah bermukim selama beberapa tahun di Arab Saudi, dan bukan wisatawan atau jamaah Umrah. Perempuan itu juga mengidap penyakit ginjal.
 
Diketahui bahwa virus ini menular pertama kali di Saudi melalui unta kepada manusia, sehingga korban terbanyak berada di Saudi dan menjalar ke negara Arab lainnya, seperti Mesir, Kuwait bahkan Eropa. Gejala utama dari virus ini adalah demam, flu dan batuk yang hampir serupa dengan virus SAR.
 
Status dari penyebaran virus ini adalah waspada dan segala cara ditempuh pemerintah Saudi dalam meredam meluasnya virus ini, termasuk mengkampanyekan pencegahan virus ini pada masyarakat melalui situs www.moh.gov.sa. Dalam situs dijelaskan tentang seluk beluk virus korona termasuk cara pencegahannya.
 
Pejabat Arab saudi ketika mengunjungi rumah sakit khusu MERS.
 
 
Berikut tujuh cara pencegahan virus Sindrom Pernafasan Timur Tengah yang dilansir dari situs tersebut:
 
1.Rajin mencuci tangan dengan air dan sabun secara kontinu, atau dengan disinfektan pencuci tangan lain, khususnya setelah batuk, bersin dan mengunakan toilet. Dan, jangan lupa cuci tangan sebelum dan sesudah memegang makanan, dan ketika berhadapan dengan penderita sakit atau peralatan pribadi mereka.
 
2.Usahakan tak menyentuh mata, hidung dan mulut dengan tangan, sebab bisa menularkan virus setelah menyentuh suatu yang telah terkontiminasi virus.
 
3.Hindari kontak dengan orang yang terinfeksi virus ini.
 
4.Gunakan sapu tangan ketika batuk atau bersin dan tutup mulut serta hidung ketika hal itu terjadi, kemudian segera buang  sapu tangan bekas tersebut ke keranjang/cuci sapu tangan tersebut. Jika tak ada sapu tangan, maka gunakan tangan untuk menutupinya, jangan gunakan telapak tangan.
 
5.Gunakan masker ketika berada di kerumunan, terutama ketika berhaji dan Umrah.
 
6.Selalu menjaga kebersihan
 
7. Menjalankan perilaku hidup bersih dan sehat yang mencakup makan teratur dan istirahat yang cukup, itu bisa menjaga kekebalan tubuh.
 
 
Editor : Nur Baety Rofiq
 
Humaniora
02 Apr 24, 22:26 WIB | Dilihat : 508
Iktikaf
31 Mar 24, 20:45 WIB | Dilihat : 1038
Peluang Memperoleh Kemaafan dan Ampunan Allah
24 Mar 24, 15:58 WIB | Dilihat : 254
Isyarat Bencana Alam
16 Mar 24, 01:40 WIB | Dilihat : 731
Momentum Cinta
Selanjutnya
Seni & Hiburan
03 Des 23, 14:05 WIB | Dilihat : 512
Kolaborasi Pelukis Difabel dengan Mastro Lukis
29 Sep 23, 21:56 WIB | Dilihat : 1598
Iis Dahlia
09 Jun 23, 09:01 WIB | Dilihat : 1383
Karena Lawak Chia Sekejap, Goyang Hubungan Kejiranan
Selanjutnya