Tips

7 Cara Pertahanan Diri untuk Perempuan

| dilihat 2440
 
AKARPADINEWS.Com - Kejahatan di jalan raya tak mengenal waktu dan siapa korbannya. Selain itu, kejahatan dewasa ini pun tak pandang bulu kapan akan beraksi, baik saat ramai maupun keadaan sepi. Penting buat perempuan untuk 'mempersenjatai' diri.
 
Siapapun dapat menjadi korban, baik laki-laki maupun perempuan, tua maupun muda, dewasa maupun anak-anak. Namun, perempuan adalah objek empuk dari para penjahat di tempat umum.
 
Untuk berjaga-jaga,  kini perempuan harus punya ‘amunisi’  ketika  keluar rumah. Setidaknya ada tujuh tips ringan yang mampu dilakukan untuk melindungi diri ketika beraktivitas di luar rumah.

 
1. Sedia Senjata Praktis 
Sebaiknya, kemanapun Anda hendak berjalan jangan sampai lupa menyiapkan barang-barang yang dapat dijadikan senjata darurat, seperti payung, gunting, cutter ataupun pensil kayu runcing. Barang-barang semacam itu dapat dijadikan senjata darurat untuk membela diri maupun melumpuhkan pelaku kejahatan. Letakkan barang-barang tersebut pada bagian yang mudah terjangkau di dalam tas.

 
2. Hit and Run
Hit and run atau serang dulu kemudian melarikan diri adalah cara yang dapat dilakukan dalam keadaan apapun, baik  tangan kosong maupun dengan senjata seperti payung. Bila keadaan terancam, seranglah penjahat pada titik-titik rentan pada tubuhnya. Beberapa titik rentan pada tubuh manusia di antaranya, tenggorokan, mata, telinga, rahang, ulu hati, dan bagian alat vital. Dengan menyerang bagian-bagian tersebut akan memberikan waktu untuk melarikan diri.

 
3. Jangan Menyendiri
Bila Anda berangkat dan pulang kantor dengan menggunakan angkutan umum maka jangan menyendiri terpojok di tempat ramai. Karena, dengan memojokkan diri di tempat keramaian,  akan memudahkan seseorang mentarget Anda dan menggiring Anda ke tepat sepi. Berbaurlah dan tetap waspada akan tingkah polah orang yang mencurigakan dan waspadai barang bawaan sendiri.

 
4. Jangan Menonjolkan Diri
Dalam perjalanan, sebaiknya jangan menonjolkan barang-barang bawaan seperti ponsel, perhiasan, dan lain sebagainya. Biasakan diri untuk tak menerima panggilan telepon di saat terjebak dalam kerumunan, seperti di dalam bus maupun kereta. Simpan baik-baik barang berharga di kantong terdalam pada tas Anda.

 
5. Tetap Tenang
Hal yang sering merugikan korban ialah rasa panik. Ya, dalam menghadapi situasi darurat harus mampu menangkan diri. Panik tak akan memecahkan masalah justru akan menambah masalah baru, sehingga pikiran kacau dan tidak konsentrasi. Bersikap tenang maka  pikiran akan tetap jernih dan bisa cari solusi saat situasi mengancam. 

 
6. Berteriak
Ketika sedang dalam keadaan terdesak jangan ragu untuk berteriak. Buatlah kegaduhan agar orang-orang di sekitar menyadari keberadaan Anda yang terancam. Dengan begitu, setidaknya  si penjahat akan pikir-pikir melancarkan niat jahatnya pada Anda.

 
7. Memarkir Kendaraan Di Tempat Aman
Bila Anda menggunakan kendaraan pribadi, pastikan memarkir kendaraan di tempat parkir resmi. Hal ini akan menghindarkan Anda dari target kejahatan. Selain itu, dengan memarkir kendaraan di tempat parkir resmi maka akan memudahkan Anda mencari pertolongan bila terjadi sesuatu pada Anda.
 
Demikian tujuh tips yang bisa Anda terapkan. Tetaplah waspada di manapun Anda berada. Jangan lupa berdoa ketika akan keluar rumah.Muhammad Khairil.
 
Editor : administrator
 
Polhukam
19 Apr 24, 19:54 WIB | Dilihat : 241
Iran Anggap Remeh Serangan Israel
16 Apr 24, 09:08 WIB | Dilihat : 340
Cara Iran Menempeleng Israel
Selanjutnya
Budaya
09 Des 23, 08:03 WIB | Dilihat : 745
Memaknai Maklumat Keadaban Akademi Jakarta
02 Nov 23, 21:22 WIB | Dilihat : 899
Salawat Asyghil Menguatkan Optimisme
12 Okt 23, 13:55 WIB | Dilihat : 856
Museum Harus Bikin Bangga Generasi Muda
Selanjutnya