Perum Perhutani Merambah Asuransi Syariah

| dilihat 3698

AKARPADINEWS.COM | PERUM Perhutani menjalani kerjasama dengan PT Asuransi Jiwa Syariah Amanahjiwa Giri Artha (Amanah Githa), berbasis asuransi syariah.

Momentum kerjasama itu ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Direktur Utama Perhutani, Mustoha Iskandar dengan Direktur PT Asuransi Jiwa Amanahjiwa Giri Artha, Agung Jatmika Nursahid, bertempat di Gedung Menara 165, Jakarta, Senin (13/7).

Kerja sama ini merupakan sinergi Perhutani sebagai induk usaha Dana Pensiun Perhutani, pemegang saham terbesar (95%) dengan Amanah Githa. Sinergi program asuransi bagi seluruh karyawan Perhutani, menurut Mustoha Iskandar, diharapkan mampu memberi nilai tambah bagi 23.000 karyawan Perhutani.

“Sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Perhutani terus berinovasi mengembangkan program-program kesejahteraan bagi karyawannya. Sinergi dengan Amanah Gita, asuransi jiwa berbasis syariah, merupakan bagian dari upaya pengembangan karyawan sehingga diharapkan kinerja karyawan dapat lebih baik,” papar Mustoha Iskandar.

Perhutani sebagai induk usaha Dana Pensiun Perhutani turut aktif mendorong laju pertumbuhan asuransi berbasis syariah yang penetrasinya masih melemah di kisaran 3 persen. Di sisi lain, kebutuhan nasabah akan asuransi jiwa syariah semakin berkembang dan diprediksi akan terus melonjak.

Indonesia digadang-gadang menjadi motor penggerak pertumbuhan asuransi berbasis syariah. Melalui dukungan dari Perhutani dengan induk usaha Dana Pensiun Perhutani dan lembaga ESQ, Amanah Githa setidaknya mendapat pasar dari 23.000 karyawan perhutani ditambah satu juta alumni ESQ yang tersebar di seluruh Indonesia.

Direktur Amanah Githa, Agung Jatmika Nursahid, menyambut baik kepercayaan yang diberikan Perhutani dan ESQ untuk mengelola program asuransi bagi karyawan dan para alumnusnya.

“Sinergi ini sangat penting bagi kami, dan tentunya dapat meningkatkan nilai yang selama ini telah diberikan. Perhutani begitu penting bagi laju pertumbuhan asuransi syariah, sebab asuransi ini milik bangsa sendiri, Indonesia,” ujar Agung Jatmika.

Amanah Githa bukannya pemain baru dalam bidang asuransi yang tak punya rekam jejak prestasi.Perusahaan asuransi yang mendapat dukungan dari Perhutani dan ESQ ini telah dipercaya oleh Kementerian Agama RI sebagai pengelola asuransi haji selama dua periode (2013- 2014). Perusahaan asuransi syariah ini pun telah memenangkan “The Best Insurance in Service Excellence of The Year 2012” dan “The 3rd Sharia Company for Life Insurance 2014”.

Sebagai bentuk partisipasi Amanah Githa kepada Perhutani, di tahun 2015 ini, telah diperluas jaringan pemasaran dengan mendirikan kantor pelayanan di setiap wilayah usaha Perhutani. Hal itu untuk memberikan layanan yang optimal. Momentum penandataanganan nota kesepahaman ini menjadi tonggak kebangkitan dan pemicu tumbuhnya pasar asuransi syaiah di Indonesia.

I Dirga Adinata 

Editor : M. Yamin Panca Setia
 
Ekonomi & Bisnis
03 Apr 24, 04:18 WIB | Dilihat : 222
Pertamina Siap Layani Masyarakat Hadapi Lebaran 2024
12 Mar 24, 10:56 WIB | Dilihat : 398
Nilai Bitcoin Capai Rekor Tertinggi
02 Mar 24, 07:41 WIB | Dilihat : 245
Elnusa Bukukan Laba 2023 Sebesar Rp503 Miliar
Selanjutnya
Sainstek
01 Nov 23, 11:46 WIB | Dilihat : 932
Pemanfaatan Teknologi Blockchain
30 Jun 23, 09:40 WIB | Dilihat : 1163
Menyemai Cerdas Digital di Tengah Tsunami Informasi
17 Apr 23, 18:24 WIB | Dilihat : 1424
Tokyo Tantang Beijing sebagai Pusat Data Asia
12 Jan 23, 10:02 WIB | Dilihat : 1569
Komet Baru Muncul Pertama Kali 12 Januari 2023
Selanjutnya