Anugerah Kartini BUMN

Mustaslimah - Kartini BUMN 2014

| dilihat 3802

JAKARTA, AKARPADINEWS.COM | IR. MUSTASLIMAH, Senior VP Bank Mandiri, dinobatkan sebagai Best of the Best Anugerah Kartini BUMN 2014 yang digelar majalah BUMN Track. Ia terpilih di antara 63 perempuan dari 29 BUMN yang mengikuti kegiatan tahunan ini. Mengenakan batik warna merah dan kerudung abu-abu, Mustaslimah naik ke pentas dan menerima Anugerah itu dari Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan, Linda Amalia Sari di Ballroom Hotel Ritz Carlton – Mega Kuningan, Kamis malam (30/4).

Dalam menjalankan tugasnya sehari-hari, Mustaslimah melakukan langkah-langkah transformasi di bidang tugasnya dan menjadi suksesor. Keberadaannya dipandang oleh stafnya, tidak hanya sebagai seorang pemimpin, melainkan juga sebagai inspirator dan motivator. Terutama dalam menegakkan prinsip-prinsip good corporate governance. Ketika melakukan presentasi di hadapan Dewan Juri, Mustaslimah mengemukakan sikap dan pandangan kepemimpinannya dan merencanakan suksesi untuk memberi peluang kepada staf untuk berkembang, menggantikannya.

Selain terpilih sebagai Best of The Best, Mustaslimah yang berpenampilan kalem dan berhasil melakukan perubahan dalam pengembangan sistem dan aksi procurement sesuai dengan standar internasional di bank Mandiri itu, juga terpilih sebagai penerima Platinum Winner, bersama-sama Roosdar Dewi Yudiatiningsih (PT Pos Indonesia), Siti Choirina (PT Telkom Tbk), dan Oki Ramadhani Widiastuti (PT Hutama Karya Realtindo). Anugerah Kartini BUMN 2014 juga memilih sejumlah pemimpin perempuan BUMN satu level di bawah direksi untuk kategori Gold Winner, Silver Winner, Bronze Winner, dan perempuan berpotensi khusus, sesuai dengan tema, “Kepemimpinan Transformatif Berkelanjutan.”

Perhelatan tahunan ini diselenggarakan bersama Leadership Inc. Bertindak sebagai juri dalam pemilihan Kartini BUMN 2014 ini, sejumlah akademisi, praktisi, dan pakar di bidang yang relevan dengan penilaian. Antara lain Prof. Dr. Bernadette Setiadi, Prof. Dr. Lindawati Gani, Dr. Zaim Uchrawi, Dr. Upik Rosalina Wasrin, Nurwati Ch. Harahap, Dayu Rengganis, Robert Porhas L. Tobing, Rahmaniah Hasdani, Indrasjwari R. Kartakusuma, Jusabela Sahea, Soenjaroesma, Hermawan Kertajaya, N. Syamsuddin Ch. Haesy, dan Hadi M. Djuraid. Juri kehormatan, Dahlan Iskan.

Mewakili Dewan Juri, Prof. Dr. Bernadette mengemukakan, di lingkungan BUMN terdapat begitu banyak pemimpin perempuan yang berpotensi dan berprestasi luar biasa. Mereka mengemban fungsi-fungsi strategis di bidang teknik dan produksi. Juga di bidang-bidang lain yang memungkinkannya melakukan transformasi besar dan menjamin keberlangsungan aksi bisnis BUMN.

Meskipun demikian, menurut Hadi M. Djuraid, Pemimpin Redaksi BUMN Track, Anugerah Kartini BUMN diselenggarakan setiap tahun untuk mengapresiasi kaum perempuan dalam menggerakkan perubahan dan transformasi di lingkungan BUMN yang semakin penting dan signifikan. “Apresiasi ini merupakan wujud implementasi dan aktualisasi nyata semangat emansipasi dan kesetaraan gender yang digelorakan RA Kartini, di dunia korporasi,” tegasnya.

Dikatakannya, "Perempuan di pucuk pimpinan BUMN telah memberi inspirasi dan motivasi kuat bagi perempuan Indonesia untuk mengembangkan kapasitas dan kemampuannya." Hanya saja, kondisi kini, dari sekitar 600 direksi yang menjabat di 142 BUMN saat ini, baru sekitar satu persen pucuk pimpinan perusahaan yang ditempati perempuan.

Akan halnya Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Linda Amalia Sari menyebut, selama ini, Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan telah semakin banyak menempatkan kalangan perempuan menduduki jabatan penting di perusahaan milik negara, itu. | Noora

Editor : Web Administrator
 
Humaniora
24 Mar 24, 15:58 WIB | Dilihat : 98
Isyarat Bencana Alam
16 Mar 24, 01:40 WIB | Dilihat : 515
Momentum Cinta
12 Mar 24, 01:26 WIB | Dilihat : 524
Shaum Ramadan Kita
09 Mar 24, 04:38 WIB | Dilihat : 444
Pilot dan Co Pilot Tertidur dalam Penerbangan
Selanjutnya
Budaya
09 Des 23, 08:03 WIB | Dilihat : 633
Memaknai Maklumat Keadaban Akademi Jakarta
02 Nov 23, 21:22 WIB | Dilihat : 781
Salawat Asyghil Menguatkan Optimisme
12 Okt 23, 13:55 WIB | Dilihat : 750
Museum Harus Bikin Bangga Generasi Muda
Selanjutnya