GIIAS 2016 Mengusung Visi Otomotif Masa Depan

| dilihat 682

AKARPADINEWS.COM | GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 merupakan gelaran otomotif berskala internasional yang menyuguhkan berbagai atraksi dan varian terbaru produk otomotif dari berbagai pabrikan otomotif. Perhelatan itu diharapkan menjadi barometer perkembangan bisnis otomotif di Indonesia.

Dan, sejalan dengan tuntutan dan kebutuhan, perhelatan GIIAS diarahkan untuk mendorong pabrikan otomotif menciptakan inovasi yang ramah lingkungan sesuai temanya: Green Technology for a Better Future.

Di ajang itu, berbagai pabrikan otomotif pun unjuk gigi memamerikan berbagai produknya yang modern, canggih, dan ramah lingkungan. Mulai dari mobil listrik yang mampu menjadi sumber alternatif energi hingga mobil hybrid yang menyesaki ruang pameran di Convention Exhibition (ICE), BSD, Serpong. Kecanggihan dan kemampuan berbagai mobil ramah lingkungan itu memukau para pengunjung.

Salah satu mobil yang cukup banyak menyita perhatian pengunjung ialah mobil Toyota FCV Plus (Baca: Toyota Mencuri Perhatian di Ajang GIIAS 2016). Hal yang membuat banyak pengunjung memadati booth Toyota untuk melihat mobil yang menggunakan energi alternatif. Mobil itu merepresentasikan wajah mobil masa depan.

Mobil lain yang tak kalah memukau adalah BMW i8 (Baca: BMW i8, Mobil Hybrid Berteknologi Tinggi). Pengunjung amat tertarik dengan konsep mesin dan tampilan mobil itu yang sangat mewakilkan konsep mobil sport masa depan. Dengan suguhan berbagai produk otomotif, para pengunjung dapat merasakan atmosfer perkembangan dunia otomotif dunia.

Di GIIAS 2016, Gaikindo juga mengadakan program Test Drive & Test Ride yang memungkinkan bagi para pengunjung untuk mencoba berbagai produk otomotif, mobil dan motor di arena yang telah disediakan.

Dengan begitu, pengunjung dan calon pembeli dapat merasakan sensasi berkendara produk-produk otomotif terbaru, unggulan dari masing-masing pabrikan. Setelah mencicipi pengalaman baru berkendara, para calon pembeli akan lebih yakin dalam menentukan kendaraan jenis apa yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan dan koceknya.

Sejak hari pertama, tercatat 1.200 test drive yang telah dilakukan. Pabrikan Chevrolet yang menerima permintaan test drive terbanyak, yakni mencapai 300 permintaan test drive mobil Chevrolet Trax. Sementara Toyota, melayani 190 permintaan test drive untuk mobil Toyota Calya.

Sedangkan untuk test ride, tercatat 1.300 permintaan dari berbagai pabrikan sepeda motor. Permintaan paling banyak dirasakan oleh pabrikan KTM untuk produk Duke 250cc. Sebanyak 532 permintaan test ride ke pabrikan itu.

Pabrikan Ducati juga mendapatkan permintaan test ride yang cukup banyak, mencapai 200 permintaan. Produknya yang menarik perhatian untuk test ride ialah Ducati Scrambler.

Selain diisi oleh pameran otomotif, GIIAS kali ini diisi dengan berbagai acara, seperti Indonesia International Automotive Conference (IIAC) ke 11. Lalu, guna mengajak pengunjung dari berbagai kalangan, Gaikindo membuat beberapa program kepada masyarakat untuk dapat hadir di ajang otomotif internasional itu, di antaranya Student Day dan program gratis masuk untuk guru, anggota TNI dan Polri pada hari kemerdekaan Indonesia. Program gratis masuk GIIAS juga dilaksanakan oleh beberapa pabrikan otomotif, seperti Suzuki, Mitsubishi Motors, dan Mitsubishi Fuso.

Program-program acara lainnya yang diadakan Gaikindo guna menarik perhatian pengunjung ialah atraksi perayaan hari Kemerdekaan pada 17 Agustus 2016. Ada beberapa acara yang diadakan, yakni Semangat Tarik Truk (Setruk), Semua Bisa Ikut (Sabi), dan Panjat Pinang. Dan, puncak acaranya diwarnai Konvoi Merah Putih.

Acara konvoi itu mampu memancing daya tarik pengunjung, sebab para peserta yang berasal dari Red & White Car Community berkeliling di sekitar ICE dan kemudian bermanuver sehingga membentuk bendera merah putih bila dilihat dari angkasa. Gaikindo juga mengadakan upacara bendera merah putih di lapangan ICE, BSD, dengan disertai rangkaian kegiatan unik lainnya.

Selain berisikan acara yang menghibur, GIIAS 2016 juga menggelar kegiatan sosial seperti donor darah, bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI). Melalui berbagai program acaranya, GIIAS 2016 menjadi ajang otomotif bergengsi di tanah air. Apalagi, ajang itu menunjukkan berbagai visi dunia otomotif masa depan dengan berbagai macam mobil konsep yang dihadirkan. Keberadaan ajang seperti itu akan selalu dinantikan pecinta otomotif di Indonesia.

Muhammad Khairil

Editor : M. Yamin Panca Setia
 
Budaya
12 Jul 19, 13:30 WIB | Dilihat : 561
Menikmati Instalasi Bambu Avianto di Pusar Jakarta
11 Jul 19, 16:53 WIB | Dilihat : 756
Mengikuti Langkah Diro dan Yesmil Mengolah Daya Haiku
10 Jun 19, 14:52 WIB | Dilihat : 284
Menjadi Betawi
05 Jun 19, 20:28 WIB | Dilihat : 369
Bubur Lambuk Rasa Johor
Selanjutnya
Humaniora
10 Jul 19, 08:56 WIB | Dilihat : 1024
Hati Bungah Melihat Betawi Mesra
06 Jul 19, 22:27 WIB | Dilihat : 540
Cermin dari Ciswoto dan Evie Tyas
27 Jun 19, 13:34 WIB | Dilihat : 1140
Among Tamu adalah Kehormatan
17 Jun 19, 19:03 WIB | Dilihat : 814
Benahi Minda, WAG Cerdas
Selanjutnya