RUPS Telkom Indonesia LB Sahkan Direksi dan Komisaris Baru

Alex J. Sinaga Pimpin Telkom Indonesia

| dilihat 2393

JAKARTA, AKARPADINEWS.COM | Alex Janangkih Sinaga akhirnya didapuk menjadi Direktur Utama PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB) PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) yang digelar di Jakarta, 19/12/14, menyetujui perubahan susunan Dewan Komisaris dan Direksi Perseroan.

RUPS-LB itu masih mempertahankan beberapa direktur yang selama ini memang andal, seperti Indra Utoyo dan Honesti Basyir. Susunan direksi lainnya adalah Abdus Somad Arief, Heri Sunaryadi, Herdy Rosadi Harman, Dian Rachmawan, dan Muhammad Awaludin. Yang mengejutkan, di jajaran Komisaris perseroan, tiba-tiba pengamat ekonomi Hendri Saparini menjadi Komisaris Utama.

Komisaris lainnya adalah Dolfie Othniel Fredric Palit, Imam Apriyanto Putro, Hadiyanto, Parikesit Suprapto, Virano Gazi Nasution, akan halnya Johnny Swandi Sjam yang senior di bidang telekomunikasi dipertahankan sebagai komisaris independen.

RUPSLB diselenggarakan karena Direktur Utama Telkom sebelumnya, Arief Yahya telah ditunjuk menjadi Menteri Pariwisata dalam Kabinet Kerja periode 2015-2019. Pergantian direksi tersebut diharapkan akan dapat meningkatkan kinerja perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia, itu. Alex nampaknya sudah dipersiapkan Arief. Sebelumnya, ketika Arief Yahya diangkat sebagai Direktur Utama Telkom, Alex langsung diangkat sebagai sebagai Direktur Utama Telkomsel, menggantikan Sarwoto.

Prestasi Alex bagi kalangan masyarakat telekomunikasi, biasa-biasa saja. Tapi, lulusan Teknik Elektro – ITB itu punya optimisme yang kuat tentang dunia telekomunikasi Indonesia, terutama di sektor selular. Menurut Alex, sekalipun penterasi selular sudah mencapai hampir 100%, pasar di industri telekomunikasi masih mempunyai ruang untuk berkembang.

Alex pernah memprediksi, Industri operator selular diprediksi mampu tumbuh antara 7-8 persen tahun depan (2015). Terutama, karena layanan data yang infrastrukturnya terus dibangun. Secara demografis dan geografis, penetrasi internet di Tanah Air baru mencapai 25 persen  dari total penduduk. Masih ada ruang pertumbuhan yang menjanjikan untuk seluler, baik secara demografis, geografis, dan layanan selular baru seperti digital.

Dengan menjadi Direktur Utama PT Telkom Indonesia (Tbk), Alex bisa lebih menggerakkan potensi Telkom di ruang telekomunikasi data. Antara lain dengan merespon perkembangan digital lifedata-style services, mobile payment and digital money, digital advertising, dan enterprise digital services. Bahkan, Telkom Indonesia bisa punya ruang kiprah lebih luas dengan merespon orientasi baru dunia jasa keuangan dan perbankan. Antara lain untuk menyambut branchless banking. Bila Alex ingin memadukan pola yang pernah dikembangkan Rinaldi dan Arief Yahya dengan kemampuan khasnya di bidang telekomunikasi data, Telkom Indonesia bisa didorong menjadi pilar utama pendapatan persero.

Tak hanya itu, Alex juga bisa mengembangkan dual function jaringan terestrial yang dimiliki Telkom dan jaringan listrik PLN untuk kepentingan perluasan jaringan internet sampai ke desa. Lima tahun waktu yang cukup untuk memperluas jaringan internet sampai ke desa.. | Bang Sem

Editor : Web Administrator
 
Polhukam
19 Apr 24, 19:54 WIB | Dilihat : 224
Iran Anggap Remeh Serangan Israel
16 Apr 24, 09:08 WIB | Dilihat : 320
Cara Iran Menempeleng Israel
Selanjutnya
Sainstek
01 Nov 23, 11:46 WIB | Dilihat : 940
Pemanfaatan Teknologi Blockchain
30 Jun 23, 09:40 WIB | Dilihat : 1169
Menyemai Cerdas Digital di Tengah Tsunami Informasi
17 Apr 23, 18:24 WIB | Dilihat : 1430
Tokyo Tantang Beijing sebagai Pusat Data Asia
12 Jan 23, 10:02 WIB | Dilihat : 1578
Komet Baru Muncul Pertama Kali 12 Januari 2023
Selanjutnya