Tedjo Toto

| dilihat 1364

LING tak bisa merayakan imlek bersama Lung kali ini. Lung sedang sibuk di Singkawang, mengurusi bisnisnya. Kendati demikian, Ling tak kehilangan momentum sukacita. Selepas datang ke Klenteng di Tangerang, Ling berkunjung ke rumah familinya di belakang bandar udara internasional Soekarno – Hatta, Cengkareng.

“Ling mengenang masa kecilnya ketika bermain lampion setiap imlek tiba,” ujar Babah Oei menyaksikan ponakannya yang kenes itu, menikmati temaram malam dengan mengguncang lampion di halaman rumah. Cici Wan, kakak Ling mendampinginya. Kedua kakak beradik itu duduk di bawah pohon randu, persis di pojokan rumah Babah Oei.

Di kejauhan lamat-lamat terdengar suara gambang dari musik cokek yang semarak.

“Ling gak ikutan nyokek?”tanya Cici Wan.

“Ogah ah.. Cici Wan kayak gak tahu aja, sejak kawin dengan Lung, Ling gak pernah kenal cokek lagi. Inget kan waktu imlek tahun lalu, ketika Lung marah ngelihat Ling nyokek?”

Cici Wan tertawa. Lung memang cemburuan. Dia hampir menggampar Koh Aming yang spontan turun berjoget, ketika Ling berjoget. Ketika Ling melempar selendang ke leher Aming, serta merta Lung turun gelanggang dan menyeret Ling ke luar. Aming tersinggung dengan sikap Lung yang macam begitu. Untung saja Babah Oei buru-buru ambil tindakan.

Ketika masih belia, Ling memang kembang mekar yang setiap kali turun nari cokek, spontan dikeburuti para lelaki belia juga.

“Tapi, sekarang kan udah gak ada lagi yang kayak gitu, Ling.. Yang nari cokek juga udah gak ada gadis-gadis belia lagi. Sekedar buat gembira-gembiraan imlek aja,”ungkap Wan.

Tiba-tiba handphone Ling berdering. Lung menelepon dari Singkawang.

“Selamet imlek ya Ling.. Gong Xi Fat Chai,” seru Lung dari jauh.

“Xin Xin”jawab Ling manja. “Salam dari cici Wan, Lung..,”sambung Ling.

“Salam kembali ya.. Memang Cici Wan gak pulang ke Medan?”tanya Lung.

“Mustinya dia pulang hari ini. Tapi, tadi seharian di bandara, eh.. pesawatnya delay berjam-jam, akhirnya Cici Wan, mundurin pulang besok.”

“Memang besok udah fix jadual penerbangannya? Kudu ngecek jadual dulu tuh.. Soalnya Cici Wan kan biasa naik Delayed Airways,”seru Lung.

Ling memberikan selularnya ke Cici Wan yang lantas melanjutkan ngobrol dengan Lung.

“Udah Cici gak usah pulang dulu. Temenin babah ama engkong,”ujar Lung.

“Gak bisa Lung.  Tadi, Cici udah dapet tiket pesawat lain. Mahalan sih harganya, tapi pasti jadualnya.”

“Lagian, Cici seneng banget naek Delayed Airways, padahal naik pesawatnya kayak naik angkot di Tangerang.”

“Sekarang sih nggak Lung. Cici kapok deh. Makin ke sini, layanannya terhadap penumpang makin gak tedjo toto aja..”

Tedjo toto?”

“Ya.. Lung.. Maksudnya, nggak jelas dan tanpa jaminan kepastian.”

“Nggak jelas kapan berangkat, gak jamin juga uang kembali. Makanya, mendingan cici naek yang lain aja,”seru Lung.

Pembicaraan keduanya terputus, gara-gara sambungan telepon juga jelek. Ling mengeluh juga, belakangan komunikasi selular juga gampang putus-putus. Dulu, orang bilang, kalo pembicaraan handphone seperti itu, tandanya telepon disadap. Padahal, gak begitu juga.  “Operator seluler juga kayak gitu, gak bisa melayani pelanggan dengan baik,”tukas Cici Wan.

Kebetulan Cici Wan punya pengalaman. Dia ditelepon operator selular paling beken, disuruh migrasi ke 4G yang katanya bisa bikin komunikasi data begitu cepat. Nyatanya, begitu SIMCARD baru yang dikirim, dipasang ke handset, malah gak bisa dipake. Berulang-ulang minta PIN Simcard. Ujung-ujungnya orang diusuruh ke grapari. “Lucu dan nyebelin. Nawarin komunikasi digital, tapi musti ke kios pelayanan juga.”

“Ling.. masuk yuk.., udah malem..”ujar Cici Wan. Ling masuk ke dalam rumah Babah Oei. Malam kian merambat dalam pekat.. |

 

Editor : Web Administrator
 
Polhukam
22 Jul 19, 00:00 WIB | Dilihat : 596
Anies Baswedan Tiada Banding Tiada Tanding
22 Jul 19, 17:26 WIB | Dilihat : 101
Sorotan Atas Sanksi AS Atas Pemimpin Militer Myanmar
21 Jul 19, 01:39 WIB | Dilihat : 165
Strategi Politik Lama Politik Luar Negeri Malaysia Baru
19 Jul 19, 10:59 WIB | Dilihat : 229
Dinamika Menjemput Masa Depan ASEAN
Selanjutnya
Lingkungan
23 Jul 19, 11:22 WIB | Dilihat : 61
Bergerak dari CSR ke CCR dan CCuR
21 Jul 19, 22:07 WIB | Dilihat : 143
Kabupaten Bandung Menjemput Cahaya Baru
11 Jul 19, 11:45 WIB | Dilihat : 788
Terowongan Dukuh
08 Jul 19, 11:20 WIB | Dilihat : 476
Gempa Bumi Dinihari Guncang Ternate Goyang Manado
Selanjutnya