Sang Kodok Eh.. Eh..

| dilihat 1601

HUJAN tak reda selama 24 jam. Rumah Lung kebanjiran. Padahal sudah dua dasawarsa dia tinggal di situ dan setiap kali hujan melanda Jakarta, rumah Lung tak pernah kebanjiran. Ling kesal hati, karena yang dilakukan Lung bukan berusaha menahan air yang masuk melalui sela-sela pintu, dia malah duduk mencangkung di tangga rumah sambil berdendang.

“Sang kodok eh eh sang kodok, kenape lu delak delok aje. Mangkenye aye delak delok aje, sang uler mao makan aye.. Sang uler eh eh sang uler, kenape lu mao makan kodok, mangkenye aye mau makan kodok, sang ujan kagak berenti aje. Sang ujan jan eh sang ujan, kenape lu turun aje.. Mangkenye aye turun aje, sang kodok mante aye turun aje..” dendang Lung.

Ling mulai sewot. “Lung.. berenti nyanyi. Emangnye bini lu kodok ape..,”sungutnya. Lung suma senyum.

“Udah deh Ling.. biarin aje tu aer masuk.. Itung-itung rejeki imlek,”balas Lung. Ling makin sewot dan sekarang tambah kewat.

“Ujan demen turun kayak gini pasti gara-gara lu melihara kodok nikh..”

“Ling, kodok yang di kolem kan ude mati.. Jadi aer banjir begini emang ude maunye..”

“Gak bisa.. Jangan-jangan ni sabotase supaya Jakarta tenggelem lagi. Ude ujan, PLN pake matiin listrik lagi.”

Lung ngakak tertawa. “Ling.. kalo PLN kagak matiin saluran listrik, yang mati bukan cuman pompa aer, tapi juga penduduk yang kebanjiran.”

Ling ngerobok banjir yang sudah se mata kaki di dalam rumahnya. Tangannya memegang lilin yang nyalanya sudah ngeleot sana ngelot sini. 

Tiba-tiba, “gedebam byurrrr... “ Ling kaget. “Koh, apaan tuh yang jatoh?”

“Owe Ling.. owe.. tulungin.. hadoohhhh..”jawab Lung.

“Kokoh kenape jadi kayak si empik berenang di kolem tetangga?” tanya Ling. Dengan nyala lilin seadanya, dia lihat, Lung suaminya sedang sudah bangun dari genangan air dekat sofa yang sudah tergenang separuhnya.

“Kokoh kenapa bisa jatoh begitu?”

“Barusan ada kodok tiba-tiba lompat. Owe kaget Ling.. Kepleset ubin tangga.. Bangunin owe Ling..”

Ling berusaha menarik tangan suaminya yang sudah mulai tambun itu. “Jangan narik-narik tangan owe dong koh..”keluh Ling, karena merasa Lung tak bergerak, justru badannya yang mulai condong ke Lung.

Ling mengendurkan tarikannya. “Satu, dua, tiga... heuuuggghhh !!” Ling tak berhasil mengangkat Lung yang juga berusaha bangun.

“Ling coba lagi.. Pake tenaga dalem yang diajarin babah, dong..”

“Tu, wa, ga.. Hoooppphhhhh,”seru Ling. Ling terpeleset. “Sruikkktttt byaar...” Ling terjatuh. Kepalanya membentur kepala Lung. Ling ikutan jatuh ke pangkuan Lung.  Keduanya berusaha bangun. Lilin di tangan Ling padam sudah.

Perlahan, keduanya bangun sudah basah. Keduanya perlahan masuk kamar. Di sana ada lilin masih menyala. Lung masuk kamar mandi duluan. “Mandi yang irit.. Koh.. Pompa aer kagak nyala.. Ingett..”teriak Ling.

Tak berapa lama, gantian, Ling yang mandi. Mandi irit. Usai memakai pakaian tidur, Ling naik ke tempat tidur. Dia memilih rebah, menunggu hujan reda. Lung berjalan, ngerobok ke arah ruang tamu. Begitu pintu rumahnya dibuka.. dia tak kuasa menahan air yang meruyak masuk tiba-tiba. Lung kembali terjatuh. Lung lupa, ketika pintu dia tutup, genangan air di luar rumah sudah lebih semeter, nunggu giliran masuk ke dalam..

Ling tak jadi tidur, karena volume air semakin tinggi. Dia cuma duduk mencangkung di atas tempat tidur. Mulutnya bergumam... “kalo owe aer, owe juga bakal begini nikh.. masuk ke rumah-rumah orang, karena rumah aer berupa hutan dan bukit-bukit udah ditebangin, berganti hutan beton..” Tapi, supaya keren, Ling tetap pada pendiriannya, banjir yang melanda rumahnya karena kelakuan Lung, suaminya, menyabotase..

Lung yang kembali terjatuh.., akhirnya cuma pasrah. Duduk di kursi tamu sambil basah kuyup dan bernyanyi, “Sang kodok eh eh sang kodok, kenape lu delak delok aje.... “ Diam diam dia berfikir, cuma kodok dungu yang bisa terjebak banjir berulang... Uhfff... !!! |

 

Editor : Web Administrator
 
Seni & Hiburan
06 Sep 19, 22:46 WIB | Dilihat : 269
Puisi Puisi N. Syamsuddin Ch Haesy
18 Agt 19, 21:05 WIB | Dilihat : 1077
Kemerdekaan Adalah Jiwa Raga Sehat Tegakkan Keadilan
13 Agt 19, 20:56 WIB | Dilihat : 793
Gubernur Anies Undang Warga Jakarta Nonton JMF2019
Selanjutnya
Energi & Tambang